Scroll untuk membaca artikel
Unik dan Viral

Heboh Penampakan UFO di Pasuruan, Ini Daftar Panjang Penampakan UFO di Indonesia

90
×

Heboh Penampakan UFO di Pasuruan, Ini Daftar Panjang Penampakan UFO di Indonesia

Share this article
Penampakan Benda yang disebut UFO di Pasuruan (Twitter @KabarUFO)

Peristiwa Penampakan Unidentified Flying Object atau (UFO) selalu membuat heboh jagad maya. Kali ini warga Pasuruan, Jawa Timur, dihebohkan penampakan benda terbang yang disebut-sebut menyerupai UFO. Penampakan benda bundar mirif UFO itu pun sempat menghebohkan media sosial Twitter setelah diposting di akun @kabarUFO.

Postingan video berdurasi 23 detik itu diberi keterangan “Penampakan UFO di Bangil, Pasuruan, Jawa-Timur, 9 Juli 2023, pukul 12.00 WIB”.

Menanggapi hal ini, PrakirawanBMKGMaritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno mengaku belum menerima secara detail informasi terkait penampakan UFO tersebut. “Dari teman-teman BMKG pasuruan tidak ada informasi soal UFO,” kata Sutarno dikonfirmasi Rabu (12/7/2023).

Sutarno hanya mengatakan, pada hari pengambilan video tersebut, kondisi cuaca dalam keadaan cerah. Pada waktu pengambilan video juga tidak ada fenomena alam yang terjadi. “Gak ada (fenomena alam) cuaca juga kondusif,” ujarnya.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya lainnya, Ady Hermanto juga mengamini, saat video tersebut diambil, kondisi cuaca cerah dan tidak ada fenomena alam. Ady mengatakan, benda yang diduga UFO itu bisa saja sebuah drone yang dikontrol oleh seseorang. Bahkan, sambung Ady, bisa saja benda tersebut adalah sebuah pesawat terbang.

“Kalau dari pandangan saya pribadi, UFO tersebut bisa saja merupakan sebuah drone atau pesawat terbang komersial yang melintas,” ujarnya.

Sementara itu Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menyebut, secara sains objek tersebut berasal dari bumi. Bukan dari luar bumi.

“Saya tidak tahu objek yang dikabarkan sebagai UFO atau benda terbang tak dikenal itu. Secara sains, itu objek dari bumi, bukan objek antariksa,” sebut Thomas

Thomas mengakui jika objek benda itu tidak ada kaitannya dengan makhluk luar angkasa, apalagi terkait alien.


“Tidak ada kaitannya juga dengan alien atau makhluk luar angkasa seperti dipercaya oleh sebagian orang,” tambahnya

Sebelumnya, warga yang melaporkan penampakan UFO itu adalah Obi Aziz (Obiwara). Dia sempat memposting penampakan UFO itu di akun Twitter Kabar UFO (@kabarufo).

Obi dan istrinya menyaksikan benda terbang tersebut di Bangil, Pasuruan, 9 Juli 2023, pukul 12.00 WIB.

“Objek berbentuk pipih/lonjong, warna putih, terbang lurus dari timur ke barat dan tidak ada suara,” demikian keterangan Obi yang disampaikan akun Twitter Kabar UFO, Senin (10/7/2023) lalu.

Obi menyatakan benda terbang itu juga tidak mengeluarkan asap. Benda itu terbang tinggi dan melesat kencang.

“Kencang menurut saya, hampir menyamai pesawat,” kata Obi

Diketahui kejadian penampakan yang diduga UFO sudah kerap terjadi di Indonesia, berikut daftar panjang penampakan UFO yang dilaporkan terjadi di Indonesia seperti yang dikutip dari laman Wikipedia dan beberapa sumber lainnya.

Meski banyak kejadian penampakan UFO namun belum bisa dipastikan kebenaran mahluk luar angkasa yang sering muncul dalam cerita film ini. (*)