Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Punya Hobi Ngecamp di Alam Terbuka, Yuk Intip 10 Tempat Wisata Camping Asyik di Lampung

158
×

Punya Hobi Ngecamp di Alam Terbuka, Yuk Intip 10 Tempat Wisata Camping Asyik di Lampung

Share this article

Menikmati alam dengan cara ngecamp atau berkemah tidak mesti harus menjadi pendaki gunung.  Lantaran hobi menginap atau ngecamp di alam terbuka dengan cara camping kini sudah banyak disukai warga. Bahkan komunitas mobil dan komunitas motor adventure memanfaatkan alam terbuka sebagai tempat camping bersama teman-teman komunitasnya.

Berbekal peralatan masak outdoor ala anak gunung dan tenda gunung jenis tenda dome, pop up atau tunel, travelers sudah bisa menikmati wisata di alam terbuka. Bahkan sejumlah lokasi camping sudah menyiapkan tempat penyewaan tenda bagi travelers yang ingin ngecamp.

Sebagai provinsi yang dilintasi oleh bukit barisan, lokasi lembah dan perbukitan menjadikan Lampung sebagai tempat yang sangat cocok untuk ngecamp sambil berwisata di alam terbuka.

Di provinsi Lampung terdapat beberapa tempat yang cocok dan asyik jika dijadikan tempat camping atau ngecamp. Selain terbilang aman dan nyaman, lokasi ngecamp juga asyik dengan view pemandangan alam yang membuat kamu makin betah dan ingin kembali bercamping ria. Berikut sepuluh tempat ngecamp paling asyik yang cocok buat penyuka wisata alam terbuka di provinsi Lampung.

Bukit Bawang Bakung

Berada di kabupaten Lampung Barat Bukit Bawang Bakung menjadi salah satu rujukan tempat ngecamp paling asyik. Bahkan saking populernya tempat ini, pengunjung menjulukinya sebagai ‘Negeri di Atas Awan’. Julukan itu disematkan lantaran terletak di dataran tinggi dan pengunjung bak melihat awan seolah berada di bawah bukit.

Saat ngecamp disini travelers akan merasakan sensasi berdiri di atas awan dan menikmati hamparan embun dengan latar belakang Gunung Pesagi dan Gunung Seminung yang tinggi menjulang.

Namun untuk bisa menikmati hamparan embun di Bukit Bawang Bakung travelers harus sudah disini sebelum matahari terbit kisaran pukul 05.00-07.00 WIB.

Momen paling tepat menikmati suasana pagi disini adalah dengan cara ngecamp dan mendirikan tenda sejak sore hari sehingga travelers bisa melihat keindahan sunset dan sunrise dari Bukit Bawang Bakung.

Bukit Bawang Bakung pertama  kali dikenal dengan sebutan Geredai/Gardai, namun nama sebenarnya adalah Bukit Bawang Bakung yang terletak di Pekon Negeri Ratu Kecamatan Batu Bekhak, Kabupaten Lampung Barat yang ditemukan para pecinta fotografi di Lampung Barat sekitar  tahun 2010-2011.

Rute menuju Bukit Bawang Bakung yakni melalui rute perjalanan dari kota Liwa dengan menyusuri Jalan Lintas Liwa hingga bertemu plang bertuliskan Wisata Bukit Bawang Bakung, yakni memasuki Jalan Bawang Bakung di sisi kanan jalan lintas dengan estimasi perjalanan ke lokasi sekitar 15 menit.

Menyusuri Jalan Bakung, travelers akan disuguhi pemandangan rumah-rumah tradisional penduduk yang masih sangat khas mencirikan rumah adat Lampung. Hampir setiap rumah memiliki halaman yang cukup luas, yang memang digunakan untuk menjemur hasil pertanian yang didominasi kopi,  lantaran kabupaten Lampung Barat merupakan daerah penghasil kopi terbesar di provinsi Lampung.

Selain melewati permukiman penduduk, mata travelers akan dimanjakan dengan hijaunya area persawahan dengan akses jalannya sudah cukup bagus, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Jika travelers tidak membawa tenda sendiri, pengelola Bukit Bawang Bakung juga menyediakan sewa tenda double layer dengan kapasitas empat orang dengan biaya sewa Rp 60.000. Namun Jika membawa tenda sendiri, hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000 per tenda.

Temiangan Hill

Lokasi tempat ngecamp satu ini juga masih di kabupaten Lampung Barat terpatnya di Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Gedung Surian.

Selain menjadi tempat ngecamp paling favorit, Temiangan Hill juga menyajikan sensasi suasana sejuk dengan hijaunya hutan yang diselimuti awan putih, serta suhu yang dingin.

Tak hanya berbekal tenda travelers yang hendak menikmati wisata alam terbuka dan agak sensitif dengan cuaca dingin disini harus menyiapkan sarung tangan, topi kupluk gunung dan jaket tebal yang mampu menahan dinginnya cuaca.

Jika travelers tiba saat malam hari di titik penjemputan menuju temiangan hill tak perlu khawatir, karena pihak pokdarwis juga sudah menyediakan jasa ojek yang stand by untuk mengantarkan travelers ke puncak temiangan hill saat itu juga.

Bahkan untuk travelers bersama keluarga yang minta disiapkan fasilitas lainnya seperti tenda dan makanan, pokdarwis yang mengelola tempat ini juga menyediakannya.

Berikutnya Tempat Wisata Camping Nomor 3 —–>