Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Eksotisme Pantai-Pantai di Kabupaten Tanggamus, Nomer 3 Mirip Lukisan Alam

131
×

Eksotisme Pantai-Pantai di Kabupaten Tanggamus, Nomer 3 Mirip Lukisan Alam

Share this article

TANGGAMUS -Provinsi Lampung memiliki pantai-pantai yang indah nan cantik lengkap dengan bebatuan karang yang indah.

Dimana pantai yang lengkap baik hamparan pasir dan bebatuan karang yang menjulang tinggi banyak terdapat di kabupaten Tanggamus.

Bagi travelers yang menyukai keindahan pantai dan karang di tepian pantai tak ada salahnya mencoba datang ke pantai-pantai yang ada di kabupaten tanggamus.

Bahkan keindahan bebatuan karangnya mirip lukisan alam yang nyata bisa di nikmati dengan mata telanjang. Berikut eksotisme lima pantai di Kabupaten Tanggamus yang wajib kamu kunjungi;

Pantai Batu Naga

Pantai Batu Naga: Batu Karang yang menyerupai Naga

 

Pantai-pantai yang ada di kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus masih terjaga keasriannya. Jangan ngaku travelers jika belum merasakan langsung sensasi Pantai Batu Naga.

Pesona Pantai Batu Naga, selain pada keindahan pantai dan jejeran batu yang menyerupai naga, juga pada legenda sang naga. Sejumlah pelancong yang pernah datang ke kawasan wisata laut di Tanggamus Lampung ini, mengaku sangat berkesan.

Gemuruh deburan ombak pertemuan air laut di perairan Teluk Lampung dan batu karang tampak begitu jelas terlihat begitu pengunjung sampai ke pantai ini.

Pantai Batu Naga terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung yang memang belum banyak diketahui para pelancong, termasuk masyarakat di wilayah Lampung sendiri.

Seperti namanya, rangkaian batu karang yang terhampar di sepanjang pantai, memang menyerupai naga. Itulah sebabnya masyarakat menamakan pantai itu dengan sebutan Pantai Batu Naga. Bahkan bongkahan karang hitam sangat menyerupai Tanah Lot di Bali.

 

 

Selain warga setempat, Pantai Batu Naga memang masih kurang dikenal. Hanya sedikit wisatawan yang berniat mengunjungi lokasi ini, karena akses jalan menuju pantai ini belum begitu baik.

Legenda pantai Batu Naga tidak lepas dari mitos tentang kisah naga turun minum menjadi batu yang masih melekat di masyarakat Negeri Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.

Selain itu terdapat versi lainnya yang menyebut bila bentukan batu naga adalah sebagai sumpah serapah seorang sakti yang membuatnya menjadi batu.

Tak hanya sebatas legenda, keindahan pantai batu naga makin bertambah dengan hamparan pasir dan deburan ombak yang menghantam bebatuan karang.Selain itu keramahan warga sekitar pantai menambah pesona pantai batu naga semakin lengkap.

 

Pantai Batu Suluh

Pesona Pantai Suluh atau Pantai Kelapa Nunggal di Kabupaten Tanngamus (Foto : radartvnews.com.Jefri Ardi)

Pantai Batu Suluh atau yang juga dikenal dengan pantai Kelapa Nunggal memiliki ciri khas tersendiri yakni pasir pantai berwarna merah. Suluh sendiri diambil dari Bahasa Lampung yang berarti merah.

Sementara disebut Pantai Kelapa Nunggal karena terdapat sebuah pohon kelapa tunggal yang tumbuh diatas karang di tepian pantai tersebut.

Lokasi pantai batu suluh ini terletak di Pekon (Desa) Negeri Kelumbayan, Dusun Batu Suluh, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus

Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung. Dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Dari Bandar Lampung travelers akan mengarah ke Padang Cermin. Melewati Pantai Klara, belok kiri di Padang Cerimin ke arah Bawang Punduh Pidada.

Di Pertigaan Kiluan, travelers cukup mengambil jalan lurus ke jalan yang menanjak ke arah Gigi Hiu Pegadungan. Ikuti saja jalan tersebut. Dari Pertigaan Kiluan tadi, Pantai Batu Suluh berjarak sekitar 6,8 kilometer.

Di beberapa titik, travelers akan menjumpai jalan naik dan turun. Saat jalan masih berupa tanah, akan menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi yang senang berpetualang. Namun sekarang jalan sudah diperbaiki dan relatif bagus.

Sebelum ada pembangunan jalan, kita akan menyeberangi Way Balak, sungau yang airnya jernih. Travelers terutama para offroader bisa mandi-mandi disitu. Namun sekarang sudah ada jembatan yang lebih memudahkan untuk melintas menggunakan kendaraan.

Keindahan Pantai Batu Suluh makin mempesona dengan pemandangan pegunungan dibelakangnya. Spot terbaik disini juga adalah dengan menggunakan drone untuk mengambil gambar video maupun foto dari atas.

Lanjut Pantai Nomer 3 —–>