Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Ini Wisata Lampung Sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera, Rugi Kalau  Gak Mampir!

45
×

Ini Wisata Lampung Sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera, Rugi Kalau  Gak Mampir!

Share this article
ELOKNYA : Pemandangan Kota Bandarlampung malam hari. (Foto Drone.id)

KEBERADAAN Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Provinsi Lampung membentang mulai Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan hingga Kabupaten Mesuji terasa sangat istimewa.

Di jalur sepanjang 351,7 kilometer membentang melintasi tujuh kabupaten/ kota ini memiliki ciri khas daya tarik masing-masing.

Jika anda sedang dalam perjalanan melalui tol dan memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak.

Tempat wisata ini cocok bagi warga yang hendak melintas menuju Sumatera Selatan, Jambi, Riau, dan Sumatera Barat. Selain bisa untuk rehat sejenak, juga untuk cuci mata dan belanja oleh-oleh khas Lampung.

“Kalau memiliki banyak waktu dan agar perjalanan pulang kampung tidak membosankan, ada minimal 8 destinasi wisata Lampung yang bisa dikunjungi,” kata Kadis Parekraf Lampung Bobby Irawan.

Keluar dari Dermaga Bakauheni, kita memiliki pilihan mampir di beberapa pantai di Kabupaten Lampung Selatan. Bahkan dianjurkan untuk menginap semalam di sana.

“Atau bisa juga keluar tol di Bandar Lampung, Metro, Tubaba, untuk mengunjungi berbagai objek wisata menarik,” jelasnya.

Beberapa objek wisata menarik di Provinsi Lampung tidak jauh dari Jalan Tol Trans Sumatera :

1. Pantai Minang Rua

Tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni ada Pantai Minang Rua. Selain menikmati keindahan pantainya, Anda bisa menginap di homestay / hotel di pantai ini.

Pantai Minang Rua. (Foto Net)

Pantai Minang Rua, pantai indah dengan pasir putihnya terhampar menghadap ke arah Barat. Dikelilingi perbukitan dan pepohonan. Keelokannya menjadikan pantai ini menjadi salah satu destinasi populer Lampung Selatan.

”Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putihnya menawan, laut jernih, penangkaran penyu, spot matahari terbenam, dan penginapan nyaman,” bebernya.

Jarak dari pelabuhan Bakauheni hanya berjarak 6 kilometer via jalan tol.

 

2. Bukit Pematang Sunrise

Bukit Pematang Sunrise merupakan spot menyajikan keindahan panorama alam di sekitarnya.

BHukit Pematang Sunrise. (Foto Net)

Dari bukit ini, kita menghadap Selat Sunda dan beberapa pulau kecil. Di sini Anda bisa menikmati suasana matahari terbit dan matahari terbenam.

Dari Pelabuhan Bakauheni, tempat ini hanya berjarak 3 kilometer saja. Tidak sampai 15 menit, sudah bisa tiba di lokasi parkirnya.

3. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam memiliki ketinggian sekitar 30an meter. Air terjun ini dikelilingi pepohonan besar dan rimbun. Sehingga terlihat begitu indah dan asri.

Air Terjun Way Kalam.

Dari lokasi parkir menuju air terjun, Anda harus berjalan kaki menuruni lembah. Di sepanjang jalan setapak, Anda akan disuguhkan oleh berbagai tanaman hutan yang tinggi dan rimbun. Serta berbagai suara hewan kecil yang nyaring bunyinya.

Air Terjun Way Kalam  berjarak sekitar 20 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni melewati Jalan Lintas Sumatera.

4. Pantai M Beach

Pantai M Beach adalah salah satu pantai indah di dekat Kalianda Lampung Selatan. Memiliki hamparan pasir putih yang halus. Serta pepohonan rindang di sekitarnya.

M Beach. (Foto Net)

Berada di pantai ini Anda akan menemukan hamparan pasir putih ditambah dengan warna laut yang indah di saat cerah.

Kombinasi dengan pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh saat terik tengah hari.

Dari Gerbang Tol Kalianda jauhnya sekitar 16 kilometer.

 

5. Bukit Aslan

Bukit Aslan berada di ketinggian Bukit Way Gubak Kota Bandar Lampung. Suguhan utamanya adalah pemandangan Kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, dan perbukitan Pesawaran di kejauhan.

Bukit Aslan. (Foto Net)

Anda bisa duduk-duduk santai sembari menunggu matahari terbenam. View sunset dari bukit ini lumayan cantik. Dan di malam hari, bisa menikmati gemerlap lampu Kota Bandar Lampung.

Dari Gerbang Tol Lematang jauhnya sekitar 10 kilometer.

6. Kota Bandar Lampung

Jika perjalanan terasa masih sangat jauh, salah satu pilihan tempat menginap adalah di Kota Bandar Lampung.

Bukit Teropong Kota. (Foto Radar Lampung)

Anda bisa menginap di hotel, hostel, atau homestay. Lalu menikmati beragam kuliner nikmatnya, seperti; nasi uduk, pindang, pempek, seruit, dann lain sebagainya.

Jangan lupa datangi toko oleh-oleh di sekitaran Teluk Betung, Enggal, atau Gang PU.

7. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Ditinjau dari sisi kronologi, situs Taman Purbakala Pugungraharjo begitu unik, menarik, dan variatif. Koleksi peninggalan di sini secara kronologi termasuk lengkap. Mulai dari zaman prasejarah, klasik (Hindu – Budha), hingga masa Islam.

Taman Purbakala Pugung Raharjo. (Foto Net)

Artefak yang ditemukan di Pugung Raharjo antara lain; manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, dan batu bergores, serta keramik asing dari berbagai dinasti, keramik lokal

Fitur yang ditemukan di situs ini antara lain; punden berundak, batu berlubang, lumpang batu, batu bergores, batu mayat.

Dari gerbang tol Lematang, jauhnya sekitar 33 kilometer. Anda bisa menjangkaunya dalam waktu 40 menit.

8. Monumen Megou Pak

Monumen Megou Pak, atau Monumen Empat Marga, adalah sebuah sebuah bangunan ornamen relief yang menggambarkan empat sosok tokoh Megou Pak.

Megau Pak. (Foto Net)

Lokasinya berada di dekat Kantor Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jauhnya sekitar 10 kilometer dari Gerbang Tol Menggala.

Keempat sosok yang ada di relief, semuanya mengenakan tutup kepala khas masing-masing marganya.

Ukurannya yang besar membuatnya terlihat begitu megah dan unik. Sehingga bangunan ini menjadi salah satu spot foto bagi wisatawan yang berkunjung ke Panaragan, Tulang Bawang Barat. Anda juga bisa mengunjung iIslamic Center Tubaba, Uluan Nughik, dan Taman Batu Megalitikum Las Sengoq. (*)