Scroll untuk membaca artikel
Ekonomi

Ekspor Perikanan Lampung Tembus Rp 1,13 Triliun

4
×

Ekspor Perikanan Lampung Tembus Rp 1,13 Triliun

Share this article
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni.

Ekspor perikanan asal Provinsi Lampung semester I tahun 2023 mencapai Rp1,13 triliun dengan jumlah produk diekspor sebanyak 7.836.914 kilogram.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni, mengatakan negara tujuan utama ekspor perikanan Lampung ialah  Amerika dengan komoditas ekspor udang dan daging rajungan.

Terdapat beberapa komoditas perikanan Lampung berhasil diekspor selain udang dan rajungan seperti  kepiting, cumi-cumi, ikan, rumput laut, cacing laut, lobster, ikan kerapu hidup, teripang hingga kepiting cangkang.

“Amerika dengan komoditas yang diekspor adalah udang dan daging rajungan . Tetapi saat ini beberapa negara seperti Cina dan negara non Amerika sudah mulai banyak yang menjadi tujuan juga,” jelas Liza Derni.

Pihaknya juga terus lakukan pendampingan dan pembinaan kepada Unit Pengolahan perikanan (UPI) yang sudah berhasil melakukan ekspor.

“UPI harus memenuhi standar yang telah ditentukan oleh negara tujuan ekspor mulai dari budidaya, perawatan hingga hasil yang siap untuk diekspor. Mulai dari benih yang harus bersertifikat dan ari segi lingkungan harus punya izin budidaya dan punya CPIB,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Lampung, ekspor perikanan Lampung semester I mencapai Rp1,133,152,012,430 .(*)