Scroll untuk membaca artikel
Religi

Ustad Khalid Basalamah : Puasa Daud, Puasa Level Tertinggi Paling Disukai Allah

190
×

Ustad Khalid Basalamah : Puasa Daud, Puasa Level Tertinggi Paling Disukai Allah

Share this article
BUKA BERSAMA : Masjid Thoriqul Khoir Bandarlampung memfasilitasi buka puasa bersama setiap hari Kamis. (Foto Hendarto Setiawan)

BANYAK jenis puasa Sunnah yang diajarkan Rasulullah alaihi wassalam. Puasa Sunnah dilakukan di luar waktu larangan yakni puasa Ramadan dan puasa di hari tasrik (hari makan-makan).

Setelah kita bahas puasa Senin – Kamis.Maka di artikel ini kita akan bahas tentang Puasa Nabi Daud. Puasa Daud merupakan puasa paling afdhol.

Jika kita sudah mendawamkan puasa Daud maka lima hukum puasa sunah yang lain gugur. Seperti puasa Senin – Kamis dan Puasa Ayamul Bidh.

Ustad Khalid Basalamah menyatakan Puasa Daud adalah puasa satu hari, dan buka satu hari. Lebih afdhol, baik secara kuantitas dan kualitas. Jika lima jenis puasa digabungkan dalam satu tahun, maka seseorang akan puasa 138 hari atau dibulatkan jadi 4 bulan 3 pekan.

”Nah jika Puasa Daud sepanjang tahun 11 bulan di luar puasa wajib Ramadan adalah 5,5 bulan, jelas lebih banyak kuantitasnya,” ujar Ustad Khalid/

Tata Cara Puasa Daud

Tidak ada lafaz niat, cukup diniatkan dalam hati seperti tuntutan rasullullah. Pelaksanaannya selang-seling, jika dia puasa hari ini maka besok tidak puasa begitu berikutnya. Tidak mengapa jika puasa di hari jumat dan sabtu, karena merupakan rangkaian Puasa Daud.

”Tidak boleh puasa daud dilakukan di hari raya atau hari tasryik,” jelasnya.

Disebutkannya, jika sudah biasa melakukan puasa Daud maka tak perlu lakukan puasa lainya, atau tambah puasa lainnya. ”Larangan menambah puasa lain setelah puasa Daud. Seperti puasa senin kamis atau ayamul bidh,” bebernya.

Keutamaan Puasa Daud

Ini adalah sebaik-baik puasa dan derajat puasa yang paling tinggi. Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya :