Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Ustad Khalid Basalamah : Catat Ini Puasa- Puasa yang Haram Dilakukan

14
×

Ustad Khalid Basalamah : Catat Ini Puasa- Puasa yang Haram Dilakukan

Share this article
KURMA. (Foto Net)

Hari syak adalah tanggal 30 Sya‘ban bila orang-orang ragu tentang awal bulan Ramadhan karena hilal (bulan) tidak terlihat. Saat itu tidak ada kejelasan apakah sudah masuk bulan Ramadhan atau belum.

Ketidak-jelasan ini disebut syak, dan secara syar‘i umat Islam dilarang berpuasa pada hari itu. Namun ada juga yang berpendapat tidak mengharamkan tapi hanya memakruhkannya saja.

3. Puasa Dahr atau Puasa Selamanya

Diharamkan bagi seseorang untuk berpuasa terus setiap hari. Meski dia sanggup untuk mengerjakannya karena memang tubuhnya kuat. Tetapi secara syar‘i puasa seperti itu dilarang oleh Islam. Bagi mereka yang ingin banyak puasa, rasulullah ? menyarankan untuk berpuasa seperti puasa Nabi Daud Alaihiwassalam yaitu sehari puasa dan sehari berbuka.

4. Puasa Sunnah Bagi Wanita Tanpa Izin Suaminya

Seorang isteri bila akan mengerjakan puasa sunnah, maka harus meminta izin dari suaminya. Bila mendapatkan izin, maka boleh dia berpuasa. Sedangkan bila tidak diizinkan tetapi tetap puasa, maka puasanya haram secara syar‘i.

Dalam kondisi itu suami berhak untuk memaksanya berbuka puasa. Kecuali bila telah mengetahui jika suaminya dalam kondisi tidak membutuhkannya.

Misalnya ketika suami bepergian atau dalam keadaan ihram haji atau umrah atau sedang beri‘tikaf. Sabda rasulullah shalawllahalaihi wassalam, Tidak halal bagi wanita untuk berpuasa tanpa izin suaminya sedangkan suaminya ada dihadapannya. Karena hak suami itu wajib ditunaikan dan merupakan fardhu bagi isteri, sedangkan puasa itu hukumnya sunnah. Kewajiban tidak boleh ditinggalkan untuk mengejar yang sunnah.

5. Puasa Saat Hari Raya Idul Fitri

Tanggal 1 Syawal hijriah telah ditetapkan sebagai hari raya umat Islam. Hari itu adalah hari kemenangan yang harus dirayakan dengan bergembira. Karena itu syariat telah mengatur bahwa pada hari itu tidak diperkenankan seseorang untuk berpuasa sampai pada tingkat haram. Meski tidak ada yang bisa dimakan, paling tidak harus membatalkan puasanya atau tidak berniat untuk puasa.

6. Puasa Saat Hari Raya Idul Adha

Serupa juga tanggal 10 Zulhijjah sebagai Hari Raya kedua bagi umat Islam. Hari itu diharamkan untuk berpuasa dan umat Islam disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban dan membagikannya kepada fakir msikin dan kerabat serta keluarga. Agar semuanya bisa ikut merasakan kegembiraan dengan menyantap hewan qurban itu dan merayakan hari besar.

7. Puasa Saat Hari Tasyrik