Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

KPBL Gelar Lokakarya Publikasi Siaran Kebahasaan dan Kesastraan di Radar TV dan RRI Bandar Lampung

354
×

KPBL Gelar Lokakarya Publikasi Siaran Kebahasaan dan Kesastraan di Radar TV dan RRI Bandar Lampung

Share this article
SINERGI : Lokakarya Publikasi Siaran Kebahasaan dan Kesastraan di Radar TV dan RRI Bandar Lampung. (Foto Hendarto Setiawan)

RADARTV : Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KPBL) menghelat Lokakarya Publikasi Siaran Kebahasaan dan Kesastraan di Radar TV dan RRI Bandar Lampung. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Whizprime, Selasa – Rabu, 17 – 18 Oktober 2023 ini membahas pelaksanaan kerja sama siaran. Mulai dari evaluasi perjalanan kegiatan siaran dan memberikan catatan rekomendasi di masa akan datang.

Kepala KPBL Desi Ari Pressanti menyatakan evaluasi kegiatan publikasi siaran ini penting dilaksanakan, agar target program bisa dicapai secara optimal. Selama ini, Kantor Bahasa Provinsi Lampung melaksanakan kerjasama siaran di Radar TV melalui program siaran pembinaan Bahasa dan Kesasatraan, yang tayang secara langsung satu kali dalam satu bulan.

Untuk kerja sama di Radio Republik Indonesia (RRI) ini berlangsung secara nasional, menyusul adanya penandatangan nota kesepahaman antara Badan Pengambangan dan Pembinaan Bahasa dan RRI pusat.

”Kegiatan lokakarya Publikasi Siaran Kebahasaan dan Kesastraan di Radar TV dan RRI Bandar Lampung ini dimaksudkan agar mengetahui kendala-kendala selama kerja sama dan teknis siaran. Tujuannya agar capaian target tercapai secara optimal,” kata Kepala KPBL Desi Ari Pressanti.

General Manager Radar TV Hendarto Setiawan memberikan apresiasi atas kepercayaan KPBL selama kurun 4 tahun bekerja sama dalam penyiaran dan pembinaan Bahasa dan Sastra di stasiun televisi lokal. Dibutuhkan terobosan atau inovasi penyiaran agar pesan yang hendak disampaikan dapat optimal diterima pemirsa tv.

Program Siaran Pembinaan Bahasa dan Sastra, selain disiarkan melalui televisi analog, lalu migrasi ke siaraan digital juga dipancarluaskan melalui kanal Youtube : radarlampung tv. ”Kita berinovasi memberikan layanan siaran. Jika selama ini melalui televisi analog, digital dan youtube. Untuk siaran episode Oktober 2023 ini kita akan siaran live di platform tik tok yakni radarlampung.tv,” ujar Hendarto.

Dalam lokakarya ini juga dibahas tentang terobosan rencana siaran  tahun 2024. Yakni mulai dari penentuan tema untuk 12 kali siaran di Radar TV. Kemudian agar menarik pemirsa dan netizen maka program pemberian hadiah berupa bingkisan menarik dari Kantor Bahasa tetap dilaksanakan. Termasuk rencana membuat filler atau video singkat terkait tema.

Rencana Tema Siaran Radar TV Tahun 2024

Januari           Sosialisasi Program Kerja KPBL 2024

Februari         Bahasa dalam Ranah Politik

Maret             Revitalisasi Bahasa Daerah

April                Feminisme dalam Karya Sastra

Mei                 Fenomena Kebahasaan Kaum Urban dan Fenomena Kebahasaan Jurnalistik

Juni                 Buku Cerita Anak

Juli                  BIPA

Agustus          Apresiasi Giat UKBI

September    Pengajaran Bahasa Indonesia

Oktober         Bulan Bahasa

November     Sosialisasi Kamus Bergambar

Desember     Literasi