Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

SMP Negeri 2 Adiluwih Raih Penghargaan Nasional Sekolah Terbaik Adiwiyata, Hadiahnya Luar Biasa

387
×

SMP Negeri 2 Adiluwih Raih Penghargaan Nasional Sekolah Terbaik Adiwiyata, Hadiahnya Luar Biasa

Share this article
BUAT BANGGA : SMP MNegeri 2 Adiluwih, Pringsewu meraih penghargaan nasional 20 sekolah Adiwiyata 2023. (Foto Radar TV)

RADARTV : UPT Sekolah Menangah Pertama (SMP) Negeri 2 Adiluwih, Kabupaten Pringsewu masuk 20 besar nasional sekolah penerima penghargaan Adiwiyata 2023. SMPN 2 Adiluwih menjadi satu-satunya wakil Provinsi Lampung yang masuk 20 besar Adiwiyata 2023, menjadi wakil Provinsi Lampung bersama 19 sekolah lain se-Indonesia.

Istimewanya 20 sekolah ini berhak atas hadiah berupa panel listrik tenaga matahari.
Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK.

Kriteria penilaian Penghargaan Adiwiyata meliputi 4 aspek yaitu, kebijakan sekolah berwawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup, aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

“Atas nama pemerintah mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional,” ucap Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya di auditorium gedung Manggala Wanabakti, Selasa 17 Oktober 2023.

Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

“Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka GPBLHS berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya, akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa kita dapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat,” jelasnya.

Jumlah sekolah mendapatkan penghargaan Adiwiyata meningkat dari tahun sebelumnya. Terdapat 36,7 persen lebih banyak untuk Adiwiyata Nasional dan 42,5 persen bagi Adiwiyata Mandiri. “Diharapkan semakin cepat upaya Indonesia untuk mencapai SDGs 2030, mempersiapkan diri dalam Indonesia Emas 2045 dan mencapai net emission pada 2060 atau lebih awal,” ujarnya.

Dari 134 sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata mandiri, terdapat 20 sekolah terbaik yang mendapat hadiah berupa panel tenaga surya dari KLHK. (*)

Berikut 20 sekolah Adiwiyata Mandiri terbaik 2023:

1. SDN 1 Mambang, Bali
2. SMPN 2 Badau, Bangka Belitung
3. SDN Tangerang 6, Banten
4. SDN Rejosari III Semin, DI Yogyakarta
5. SDN Kebon Jeruk 08 Pagi, DKI Jakarta
6. SMAN 2 Gorontalo, Gorontalo
7. SMAN 2 Cikarang Selatan, Jawa Barat
8. SMPN 2 Pringapus, Jawa Tengah
9. SMPN 14 Kota Madiun, Jawa Timur
10. MTsN 1 Mempawah, Kalimantan Barat
11. SDN Pengambangan 5 Barjamasin, Kalimantan Selatan
12. SMPS – 4 Best Agro International – Kalimantan Tengah
13. SDN 007 Balikpapan Utara, Kalimantan Timur
14. SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur, Kepulauan Riau
15. UPT SMPN 2 Adiluwih, Lampung
16. SD Global Andalan Estate Ukui, Riau
17. SMAN 1 Pinrang, Sulawesi Selatan
18. SDN 10 Sapiran, Sumatera Barat
19. SD Fransiskus Baturaja, Sumatera Selatan
20. SD Swasta Bonapasogit Sejahtera, Sumatera Utara