Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Apakah Vaksin Itu Obat ?

2
×

Apakah Vaksin Itu Obat ?

Share this article
IKHTIAR SEHAT : Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Kota Metro. (Foto Yoyok WD)

MASYARAKAT Indonesia sudah sangat mengenal vaksin dan vaksinasi. Apalagi saat merebaknya pandemic Covid-10, dua kata ini sudah sangat melekat di benak kita.

Nah, Tim Radar TV sudah merangkum pengertian apa itu vaksin dan vaksinasi.

Apa itu vaksinasi ?

Dilansir dari laman kemenkes.go.id, vaksinasi merupakan proses dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan, biasanya dengan pemberian vaksin.

Apa itu Vaksin?

Nah, vaksin adalah produk biologi berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya, telah diolah sedemikian rupa sehingga aman. Apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin Bukan Obat

Vaksin bukanlah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat.

Bagaimana Vaksin bisa bekerja dalam tubuh?

  1. Vaksin merupakan produk biologi yang diberikan kepada seseorang untuk melindungi dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa.
  2. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang.
  3. Tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya.

Lantas apakah ketika sudah mengikuti vaksinasi masih akan terpapar penyakit dan bagaimana proses penyembuhanya?

Sesuai tujuannya, pemberian vaksin akan meredakan atau akan menekan tingkat keparahan suatu penyakit. Vaksin merupakan ikhtiar yang sudah diputuskan dan ditetapkan pemerintah.

Proses penyembuhan bagi orang yang terkena penyakit meski sudah divaksin tetap mengikuti prosedur dan standar tata laksana kesehatan.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan atau khasanah cara berpikir masyarakat Indonesia. Salam Sehat Selalu. (*)