Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Kartu Prakerja Jokowi Tak Sampai Lampung

2
×

Kartu Prakerja Jokowi Tak Sampai Lampung

Share this article

Program kartu prakerja akan terealisasi pada tahun 2020 mendatang,  kartu prakerja menjadi salah satu senjata Presiden Joko Widodo pada kampanye pemilu 2019 lalu. Menteri tenaga kerja republik Indonesia, Hanif Dhakiri mengatakan, kementerian keuangan dan Bappenas telah bersepakat mengalokasikan anggaran sebesar 10 triliun rupiah dengan target 2 juta orang.

Hanif menjelaskan, kartu pra kerja merupakan upaya pemerintah untuk menggenjot peningkatan sumber daya manusia,  baik melalui pelatihan di balai latihan kerja pemerintah, lembaga pelatihan kerja swasta, maupun training center industry. Target penerima kartu pra kerja adalah angkatan kerja baru, skill shifting untuk angkatan kerja lama dan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Sementara itu, di Lampung, keberadaan program pusat ini ternyata belum tersosialisasikan dengan baik. Kepala dinas tenaga kerja dan transmigran kota Bandar Lampung Wan Abdurahman melalui pesan whastapp mengatakan, pihak nya belum mendengar info kartu prakerja akan diterapkan tahun 2020. Dirinya juga belum melakukan pendataan peserta yang berhak menerima kartu prakerja ini.

Diketahui,  menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp10,3 triliun untuk program kartu pra kerja, alokasi ini disiapkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2020. (Hen/Ri)