Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

10 Bulan JTTS Beroperasi, Sudah 139 Orang Tewas

1
×

10 Bulan JTTS Beroperasi, Sudah 139 Orang Tewas

Share this article

Radartvnews.com – Diprovinsi Lampung tercatat 557 korban meninggal dunia, 139 orang diantaranya meninggal di Jalan Tol Trans Sumatera, 907 orang mengalami luka berat serta 1255 orang mengalami luka ringan.

Sementara kerugian materi mencapai Delapan Miliar Rupiah. Dari data Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung, angka kecelakaan banyak didominasi pengguna kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat. Penyebab terjadinya kecelakaan antara lain, karena kendaraan yang tidak layak jalan serta muatan berlebih dan kendaraan over kapasitas. Sementara faktor lain disebabkan oleh pengendara yang lalai saat melintas di Jalur Tol dan Jalan Arteri Lintas Sumatera Provinsi Lampung.

Direktorat Polda Lampung, Kombespol Chiko Ardwiatto mengungkapkan, digelarnya giat Focus Group Discussion Kamseltibcarlantas, membuat nota kesepakatan bersama instansi, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Bapenda serta Dinas Kesehatan, untuk bersama sama menekan angka kecelakaan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan, salah satu poin yang disepakati yakni melakukan razia di setiap pintu masuk dan keluar jalur tol, guna menghalau kendaraan yang membawa muatan berlebih serta over kapasitas.

Pihak kepolisian beserta dinas perhubungan akan melakukan sanksi penindakan langsung, terhadap kendaraan truk yang melanggar peraturan serta tidak diizinkan masuk kedalam jalur tol.(lds/bow).