Scroll untuk membaca artikel
KesehatanUtama

Waspada, DBD Mulai Mengancam 1 Balita Meninggal di Lampung Utara

4
×

Waspada, DBD Mulai Mengancam 1 Balita Meninggal di Lampung Utara

Share this article
Kasi Penanganan Penyakit Menular Dinkes Lampung Utara: Terdapat 19 Kasus DBD, 1 meninggal dunia.

LAMPUNGUTARA- Awal tahun 2022 Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara mencatat, 19 kasus penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Satu diantara pasien tersebut berusia tiga tahun dinyatakan meninggal dunia akibat penyakit yang yang disbebakan gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Meski dinilai masih dalam tarap wajar, Kasi Penanganan Penyakit Menular Dinkes Lampung Utara Muhammad Yusuf menjelaskan, dari data yang dimiliki mencatat kasus DBD timbul sejak bulan November tahun 2021.

“Kasus DBD di Lampung Utara mulai bulan November 2021 hingga awal Januari 2022 laporan yang masuk 19 kasus, menyebar di beberapa kecamatan di Lampung Utara. Ada satu yang meninggal dunia umur tiga tahun,” ungkap Muhammad Yusuf 10 Januari 2022.

Sementara itu, kuat dugaan karena dampak dari covid-19 banyak maryarakat yang enggan berobat ke rumah sakit karna takut. “Karena keterlambatan datang ke pelayanan jadi meninggal dunia,” imbuhnya.

Muhammad Yusuf menambahkan, sejak musim penghujan selain kasus DBD, kasus cikungunya juga meningkat hingga akhir 2021.”Selain DBD beberapa minggu yang lalu ada kasus cikungunya yang gejala hampir sama dengan demam berdarah,” tukasnya.

Dinas Kesehatan juga mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Lampung Utara, untuk menerapkan hidup sehat serta melaksanakan 3M selama musim penghujan.(sas/san)