Scroll untuk membaca artikel
Utama

KRI Teluk Palu 523 Tambah Kekuatan TNI AL

30
×

KRI Teluk Palu 523 Tambah Kekuatan TNI AL

Share this article
KRI Teluk Palu 523 menggantikan salah satu dari 9 kapal pengganti dari Landing Ship Tank yang sudah tua.

BANDARLAMPUNG- Kepala Staf Angkatan Laut  Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia jenis angkut tank  KRI Teluk Palu-523 buatan PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung, Rabu pagi 9 Maret 2022.

Kapal yang memiliki panjang 120 meter lebar 18 meter dengan bobot 4.508 ton bisa menempuh kecepatan maksimum hingga 16 knots. Serta memiliki kemampuan jelajah mencapai 7.200 nautical miles.

Selain itu kapal ini dapat mengangkut 10 unit Tank Leopard, 1 unit Panser 2 AVBLl,  1 unit Transporter  dan 2 unit Helikopter serta 360 prajurit.

Lulusan Akademi Angkatan Laut Angkatan 48 Tahun 2002,  mengatakan kapal Ini adalah salah satu dari 9 kapal pengganti dari Landing Ship Tank yang  sudah tua.

“Ini merupakan moderenisasi LST baru dan Kapal ini akan bergabung memperkuat jajaran kapal perang TNI AL  khususnya Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) bertempat di Dermaga Caligi  Mako Lanal Lampung,” jelas Yudo Margono.

Ia berharap agar KRI Teluk Palu-523 mampu menambahkan kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut khususnya dalam operasi pendaratan amphibi maupun operasi pendaratan administrasi. Kapal Teluk Palu-523 nantinya akan ditugaskan mengomandoi lintas laut di perairan Indonesia.(rmd/san)