Scroll untuk membaca artikel
Utama

Indonesia Dicopot, FIFA Siapkan Pengganti Tuan Rumah Piala Dunia U20

2
×

Indonesia Dicopot, FIFA Siapkan Pengganti Tuan Rumah Piala Dunia U20

Share this article

RADARTVNEWS.COM- Gelaran Piala Dunia U20 di Indonesia dipastikan tidak ada. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U202 2023. Putusan itu diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Rabu (29/3/2023). Pernyataan Presiden Joko Widodo soal Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah gelaran turnamen sepak bola tingkat dunia itu, hampir pasti tidak terwujud. Rencananya, Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Dalam pernyataan resminya, FIFA akan segera mengumumkan negara pengganti tuan rumah Piala Dunia U20 2023. FIFA juga menyatakan bahwa PSSI bisa dijatuhi sanksi menyusul keputusan ini. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023,” tulis pernyataan FIFA pada Rabu (29/3/2023).

Sialnya lagi, sudah status tuan rumah dibatalkan, masih ada pula sanksi yang bakal dijatuhkan FIFA atas batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 itu. “Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.”

Tetapi, FIFA tetap berkomitmen membantu Indonesia yang sedang melakukan transformasi sepak bola pasca-tragedi Kanjuruhan. “FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” tulis FIFA.

Untuk dukungan itu, dalam pernyataannya selepas pengumuman yang menyesakkan dada itu. FIFA akan tetap mengirimkan timnya ke Indonesia. “Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir.”

FIFA selanjutnya akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan Erick Thohir dalam waktu dekat. “Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.”.(san)