Scroll untuk membaca artikel
Lampung Wawai

Gelar Apel Siaga, PLN UID Lampung Siap Jaga Keandalan Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri

65
×

Gelar Apel Siaga, PLN UID Lampung Siap Jaga Keandalan Listrik Selama Ramadan dan Idul Fitri

Share this article
Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Kantor PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang.

BANDARLAMPUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung siagakan 108 posko siaga kelistrikan dan 1.229 personel guna menjaga pasokan listrik aman dan andal selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Kesiagaan PLN ini tercermin melalui Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Kantor PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang pada Rabu (5/3).

General Manager PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, I Gede Agung Sindu Putra menjelaskan, “Apel Siaga ini kami gelar guna mematangkan pelaksanaan penjagaan keandalan pasokan listrik selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 H. Apel ini diikuti oleh seluruh personel yang akan bersiaga 24 jam untuk menjaga pasokan listrik agar tetap aman. Selain itu, pada apel ini kami juga memastikan peralatan yang dibawa oleh personel lengkap dan sesuai K3.”

Sebanyak 1.229 personel beserta peralatan lengkap ditempatkan di 108 Posko selama periode siaga yaitu mulai 23 Maret hingga 30 April 2023. Menjelang Ramadhan 1444 H beban puncak pemakaian listrik Provinsi Lampung sebesar 1196 Megawatt. Sedangkan, Daya Mampu Subsistem Lampung sebesar 1325 Megawatt yang dipasok dari 30 Gardu Induk.

“Kelistrikan Subsistem Lampung per Maret 2023 ini masih surplus sebesar 129 Megawatt atau setara 9,8 persen dari daya mampu,” kata General Manager PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, I Gede Agung Sindu Putra.

Selain itu, PLN UID Lampung juga menyiagakan 5 unit Genset Bergerak, 19 unit Gardu Bergerak dan 4 unit mobil crane guna menambah kesiapsiagaan. Guna memperkuat pelayanan, PLN UID Lampung juga menyertakan 3 Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

“Pasokan listrik tidak padam jika pekerjaan pemeliharaan dilakukan oleh Tim PDKB, sehingga kehadirannya akan menambah kenyamanan di masyarakat,” terang Sindu.

Layanan untuk pengguna kendaraan listrik pun tak ketinggalan. Sindu memastikan semua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi dalam kondisi baik. “Terdapat 5 titik SPKLU yang beroperasi di Lampung, diantaranya SPKLU Rest Area Km 49A, Km 172A, Km 20B, Km 163B dan SPKLU El’s Coffee and Roastery Bandar Lampung yang bisa disambangi pengguna kendaraan listrik saat membutuhkan pengisian ulang daya pada kendaraannya,” ujar Sindu.

Untuk mendukung kenyamanan masyarakat, Sindu juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile. “PLN memiliki super-app PLN Mobile, dimana masyarakat dapat memanfaatkan PLN Mobile sebagai solusi kelistrikan. Mulai dari permohonan pasang baru hingga gangguan bisa dilaporkan melalui PLN Mobile 24 jam,” tambah Sindu.(san)