Scroll untuk membaca artikel
Utama

Gempa Selat Sunda, Anak Krakatau Meletus

1
×

Gempa Selat Sunda, Anak Krakatau Meletus

Share this article
Sumber : PVMBG

LAMPUNG SELATAN- Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 76 kali gempa susulan mengguncang wilayah selat sunda, Banten hingga Kamis sore 11 Mei 2023.

Sebelumnya gempa utama mengguncang banten dengan kekuatan M5,4, Rabu 10 Mei 2023 pukul 11.24 Wib.

Akibat gempa Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi di gunung anak krakatau yang berlokasi di perairan selat sunda Provinsi Lampung, Kamis 23 Mei 2023.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono melalui keterangan pres mengatakan erupsi itu terjadi pukul 05.19 Wib.

Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 3.000 meter di atas puncak. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya.

“Erupsi  terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi lebih kurang 2 menit 12 detik. Tidak terdengar dentuman saat erupsi. saat ini, gunung anak krakatau berada pada status level III atau siaga,” jelasnya.

Masyarakat,  pengujung,  wisatawan,  maupun pendaki  diimbau tidak mendekati gunung api atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.(*)