Scroll untuk membaca artikel
Lampung Utara

Lingkungan Tercemar, Sampah TPA Alam Kari Diprotes Warga

120
×

Lingkungan Tercemar, Sampah TPA Alam Kari Diprotes Warga

Share this article
Sampah menumpuk di gerbang TPA Alam Kari, Lampung Utara.

Belum ada solusi penguraian sampah pada tempat pembungan akhir (TPA) Alam Kari, Kotabumi Udik, Lampung Utara menimbulkan aroma tidak sedap dan pencemaran lingkungan di wilayah sekitar.

Warga sekitar TPA Alamkari mengeluhkan kondisi tersebut, ditambah lagi petugas pembuangan yang terkadang membiarkan sampah berserakan diluar area TPA.

Annisa salah satu warga menuturkan, tumpukan sampah sudah sangat menggangu terlebih lagi tumpukan sampah telah keluar dari gerbang TPA dan terkesan dibiarkan oleh petugas. Bahkan sumur dirumahnya tidak bisa lagi digunakan karena telah berbau / namun tidak ada perhatian dari pemerintah daerah.

“Itu banyak sampah menumpuk diluar gerbang dibiarkan saja. Sumur saya juga gak bisa lagi unutk minum udah bau,” kata Annisa (19/6).

Menanggapi hal tersebut Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara Agus, mengatakan kendala penumpukan sampah di gerbang dekat pemukiman warga karena akses jalan menuju pembuangan rusak, selain itu mereka kekurangan alat berat.

“Dari gerbang sampai pembuangan akhir jalanya jeblok jadi gak berani masuk. terkait armada dan alat berat kita keadanya rusak dan kita lagi cari pengganti,” kata Agus.

Dari pantauan dilokasi, tumpukan sampah menggunung di gerbang TPA hanya berjarak puluhan meter dari rumah warga. Bahkan terdapat 6 mobil angkutan sampah jenis truk mengantre hendak membongkar sampah pada TPA yang memiliki luas sekitar enam hektar tersebut.(*)