Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Tanam Mangrove Dan Operasi Bersih Pantai, Ini Keseruan Peserta Jumbara Asal Luar Negeri

7
×

Tanam Mangrove Dan Operasi Bersih Pantai, Ini Keseruan Peserta Jumbara Asal Luar Negeri

Share this article
Kegiatan Menanam Mangrove oleh peserta Jumbara PMR IX Tahun 2023 asal Luar Negeri

LAMPUNG SELATAN-Memasuki hari keempat gelaran Jumpa Bhakti Gembira Palang Merah Remaja atau Jumbara PMR Tingkat Nasional IX di Kalianda Lampung Selatan, berbagai kegiatan Jumpa Bhakti Gembira telah dijalani kontingen dari 34 Provinsi dan Kontingen Internasional.

Rabu pagi (5/7/2023) sebanyak 221 Relawan PMR dan Relawan Internasoinal melakukan penanaman Mangrove di pantai Perahu Batu Merak Belantung. Sedikitnya 1.000 bibit Mangrove ditanam oleh peserta kegiatan Bakti Lingkungan tersebut.

Ketua Pelaksana Jumbara PMR IX Tingkat Nasional, Sasongko Tedjo mengatakan, edukasi penamanam Mangrove ini merupakan upaya membentuk relawan yang peduli lingkungan, serta menjaga lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat

“Jumlahnya memang tidak seberapa, tapi edukasinya yang penting. Sejak dini, kami ingin membangun jiwa kepedulian terhadap masyarakat kepada mereka,” ujar Sasongko.

Lebih lanjut Sasongko mengatakan PMR yang mengikuti rangkaian kegiatan Jumbara diharapkan dapat terus menjadi relawan. “Kegiatan sepekan lebih di Jumbara ini bertujuan meningkatkan kecakapan relawan dan juga menanamkan kepedulian relawan PMR terhadap masyrakat” sambung Sasongko.

Salah satu kontingen Internasional asal Brunei Darussalam, Adib (20) mengaku terkesan dengan kegiatan menanam mangrove. Meski sempat menghadapi kesulitan saat menanam, Adib mengaku kegiatan tersebut menyadarkan diri akan pentingnya mangrove bagi ketahanan pesisir laut dari ancaman abrasi.

“Sangat terkesan, banyak pelajaran didapat dan ini kebetulan pengalaman pertama saya juga,” kata Adib.

Diketahui terdapat sejumlah kontingen Internasional yang ikut dalam bakti sosial penanaman mangrove dan bersih pantai diantaranya relawan remaja asal negara Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, China, Thailand, Malaysia, Singapore dan Timor Leste.

Diketahui kegiatan Jumbara PMR adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

Jumbara PMR 2023 merupakan edisi kesembilan pertemuan PMR seluruh Indonesia. Dimana Jumbara Nasional pertama kali digelar tahun 1978 di DKI Jakarta. Sementara Jumbara PMR kedelapan sebelumnya digelar di Pangkep, Sulawesi Selatan pada Tahun 2016. (*)