Scroll untuk membaca artikel
Unik dan Viral

Gara-gara Jomblo, Syakir Daulay Disomasi Lecehkan Proklamasi

10
×

Gara-gara Jomblo, Syakir Daulay Disomasi Lecehkan Proklamasi

Share this article
Tangkapan Layar IG syakirdaulay

Sutradara muda yang juga Aktor Film Syakir Daulay mendapat somasi dari Ikatan Alumni Universitas Bung Karno (UBK) lantaran unggahannya di akun Instagramnya @syakirdaulay dianggap melecehkan proklamasi.

 

Bahkan somasi telah dilayangkan oleh Ikatan Alumni Universitas Bung Karno (UBK) bersama dengan Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasihat Hukum Islam. Somasi dilayangkan karena Syakir dianggap melecehkan teks proklamasi.

 

“Kami Alumni mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), bersama beberapa Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasihat hukum Islam Indonesia (PPIPHI), akan somasi terbuka saudara Syakir Daulay,” ujar Ketua Jaringan Alumni mahasiswa UBK, Arifin Zainal.

 

Melihat unggahannya yang diupload pada pada 28 Agustus 2023 lalu, Syakir berdandan ala Mantan Presidesn RI Pertama Ir Soekarno saat membacakan teks Proiklamasi Kemerdekaan RI.

Syakir meniru gaya Presiden Soekarno yang mengenakan baju safari warna putih serta peci warna hitam, lengkap dengan mic berdiri dan selembar kertas yang dibacanya.

Namun yang membuat perbedaan adalah isi teks proklamasi yang dibacakannya tidak sama dengan Aslinya. Melainkan berisi promosi film terbarunya yang berjudul Imam tanpa Makmum.

Dalam teks yang dibacakan Syakir Daulay terkait keresahan para jomblo terhadap perfilman Indonesia sekaligus mempromosikan film garapannya.

 

“Kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia. Hal hal mengenai film percintaan dan perhororan membuat kami semakin kesepian, karena tidak ada yang mau diajak jalan,” ucap Syakir dengan logat yang dibuat-buat.

“Maka dari itu, kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, akan merilis film yang berperikejombloan. Hal-hal mengenai judul film, penayangan dan lain lain akan kami nyatakeun dalam tempo yang sesingkat-singkatnya,” ujar Syakir dikutip dalam Videonya. (*)