Scroll untuk membaca artikel
Utama

BMBK Klaim Pengerjaan Ruas Jalan Provinsi Sudah 75 Persen

5
×

BMBK Klaim Pengerjaan Ruas Jalan Provinsi Sudah 75 Persen

Share this article
AWASI & LAPORKAN : Masyarakat diajak mengawasi dan melaporkan kejanggalan proyek pengerjaan jalan rusak di Provinsi Lampung. (Foto Net)

BANDARLAMPUNG : Proyek pengerjaan jalan provinsi yang rusak mencapai 75 persen. Klaim ini disampaikan oleh Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung.

BMBK terus memantau proses pengerjaan 72 ruas jalan, dengan 14 jalan berstatus jalan provinsi dengan skala prioritas.

Penegasan ini disampaikan Plh Kadis BMBK Lampung Taufiqullah. Seluruh proyek sudah selesai lelang, dan telah dalam proses pengerjaan.

“Progres keseluruhan sudah selesai 75 persen. Bahkan beberapa proyek sudah PHO (provizional hand over atau penyerahan sementara pekerjaan),” kata Taufiqullah.

Sejauh ini, pengerjaan proyek jalan lancar tidak ada kendala. Apalagi pengerjaan di lakukan dalam cuaca kemarau, tanpa hujan.

Masyarakat diminta agar bersabar, atau tidak terburu-buru segera mencoba jalan baru. Karena khusus jalan rigid beton sesuai SOP harus menunggu waktu pengeringan baru bisa digunakan.

“Untuk jalan rigid beton harus menunggu hingga 28 hari untuk kering sempurna. Nah jika pakai aditif masih menunggu 14 hari, baru bisa digunakan,” jelasnya.

Sebagai bentuk eforia, banyak kendaraan mulai melintasi jalan setengah jadi. Pihaknya meminta agar selain warga setempat untuk tidak melintasi jalan yang masih dalam proses pengerjaan.

Terkait dengan proyek jalan provinsi yang dibiayai oleh pemerintah pusat melalui APBN, sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

Pihaknya tidak mengetahui sejauh mana progres pengerjaan jalan provinsi yang dibiayai pusat. “Belum ada koordinasi dengan BPJN. Segera kami akan bertemu untuk koordinasi,” jelasnya. (*)