Scroll untuk membaca artikel
Utama

Sanggar Muli Mekhanai Boyong 2 Silver Award di Andong Mask Dance Festival 2023 Korea Selatan

276
×

Sanggar Muli Mekhanai Boyong 2 Silver Award di Andong Mask Dance Festival 2023 Korea Selatan

Share this article
MEMBANGGAKAN : Sanggar Tari Muli Mekhanai Lampung Tengah saat performance di Andong Mask Festival Korea Selatan Tahun 2023. (Foto Sanggar Muli Mekhanai)

RADARTV : Sanggar Tari Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Tengah Berjaya diajang kebudayaan internasional bergengsi Andong Internasional Mask Dance Festival  di Andong Downtown Area, South Korea,  6 – 11 Oktober 2023. Satu lagi prestasi internasional ditoterhakan oleh putra-putri terbaik dari Provinsi Lampung.

Andong Internasional Mask Dance Festival merupakan salah satu dari 10 festitival terbesar di Korea Selatan. Selain tuan rumah. Pesertanya datang dari Taiwan, Thailand, Malaysia, Singapura, Rusia, Israel, dan Mongolia. Hebatnya, dari Indonesia yang berhak berangkat adalah Tim Diplomasi Budaya dari Lampung Tengah dan berhasil meraih penghargaan dua Silver Award.

Catatan prestasi lainnya, lima tahun silam sanggar ini pernah mmbukukan prestasi juara pertama untuk kategori solo meraih Gold Award.

Manajer Tim  Erna Budiwati mengatakan selain medali Silver Award, berhak mengantungi hadiah 1 juta Won untuk kategori Grup Dance dan 500.000 Won untuk kategori Solo Dance.

Erna memaparkan tari Bahagia dan Segalanya  dibawakan untuk kategori grup dan tari “Theree Monkley atau Tiga Monyet kategori solo. Semuanya hasil karya koreografer Luthfi Guntur Eka Putra dan Bulan Riestama.

”Tari  Bahagia dan Segalanya  menggambarkan manusia  sebagai makhul sosial tidak bisa hidup sendiri. Berbagi, menolong, dan memberi sesama. Ingat kebahagiaan bukan seberapa kalian mendapatkan sesuatu tetapi, yang memberi lebih ke sesame,” ujar Erna.

Tari Tiga Monyet menggambarkan tentang tiga monyet bahagia ketika mendapatan makanan kesukaan yakni pisang. “Kami bangga bisa pentas dan bersaing di ajang festival Internasional ini. Ternyata Sanggar Muli Mekhanai dari Lampung Tengah bisa berhasil meraih prestasi dalam event ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Erna Budiwati selaku pengampu guru kesenian SMA Negeri 1 Kota Gajah yang siap purna tugas mengatakan kiprah Sanggar Muli mekhanai ini merupakan bentuk kontribusi aktif dalam diplomasi budaya.

“Melalui kegiatan diplomasi budaya diharapkan para seniman bisa belajar dan ke depan berkontribusi aktif untuk kepentingan bangsa. Dinilai diplomasi budaya ini juga bisa memperkuat hubungan antar bangsa. Kami turut mengenalkan seni budaya Lampung dan juga destinasi wisata dan keragaman pariwisata Lampung khususnya kabupaten Lampung Tengah, “ terang Erna.

Tentang Andong Internasional Mask Dance Festival

Festival Tari Topeng Andong berlangsung di Andong, rumah dari Warisan Dunia UNESCO yang ditunjuk Desa Andong Hahoe. Festival ini mencakup berbagai pertunjukan budaya termasuk drama tari topeng Korea, warisan budaya tak benda, dan pertunjukan tari topeng dari seluruh dunia.

Selain menonton pertunjukan, pengunjung juga dapat mengikuti berbagai program pengalaman langsung untuk mempelajari lebih jauh tentang tarian, topeng, dan budaya terkait selama festival berlangsung.

Tim Produksi  terdiri Erna Budiwati, S,Pd (Manajer), Luthfi Guntur Eka Putra (Pimpinan, M.Sn (Pimpinan Produksi),  dBulan Riestama, M.Sn (Pimpinan Artistik), Nadi Silfa Arkan (Bendahara), Frisillia Indah Afiria (Sekretaris), M. Tio Fadhilah (Dokumentasi), Riyan Saputra (sponsorship), Dio Khorur Rizky (koordinator katihan) dan Inggil Naila Yunus (Tata Busana). (*)