Scroll untuk membaca artikel
Utama

Ini Dia, Kapolda Baru Jawa Timur Pengganti Irjen Toni Harmanto

1014
×

Ini Dia, Kapolda Baru Jawa Timur Pengganti Irjen Toni Harmanto

Share this article
Kapolda Jawa timur Irjen Pol Imam Sugianto.

RADARTV : Ini dia, Kapolda baru Jawa Timur Pengganti Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto. Dalam surat telegram, Irjen Toni Harmanto dimutasi dalam rangka pensiun. Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Imam Sugianto sebagai penggantinya.

Gerbong mutasi enam kepala kepolisian daerah di Indonesia mulai bergerak. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi jabatan terhadap 6 kapolda. Antara lain Kapolda Jawa Timur (Jatim) dan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Keputusan mutasi jabatan tertuang dalam surat telegram ST/2360/X/KEP./2023, terbit Sabtu 14 Oktober 2023. Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri.

“Mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi, dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and area, dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilu secara awal,” kata Dedi kepada wartawan, Sabtu malam.

Imam sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Jabatan Kapolda Kaltim selanjutnya diberikan kepada Irjen Nanang Avianto. Mutasi juga dilakukan untuk jabatan Kapolda Kalimantan Kengah,  Kapolda Nusa Tenggara Barat, Kapolda Banten dan Kapolda Bangka Belitung.

Berikut daftar lengkap mutasi 6 kapolda :

-Kapolda Jatim: Irjen Toni Harmanto digantikan Irjen Imam Sugianto

-Kapolda Kaltim: Irjen Imam Sugianto digantikan Irjen Nanang Avianto

-Kapolda Kalteng: Irjen Nanang Avianto digantikan Irjen Djoko Poerwanto

-Kapolda NTB: Irjen Djoko Poerwanto digantikan Irjen Umar Faroq

-Kapolda Babel: Irjen Pol Yan Sultra digantikan Irjen Tornagogo Sihombing

-Kapolda Banten: Irjen Rudy Heriyanto digantikan Brigjen Abdul Karim

Toni Harmanto sebenarnya sudah pensiun di awal Oktober 2023, masih menjabat sebagai Semeru 1. Namun, dari informasi yang diterima ada dua nama Perwira Tinggi yang bakal menggantikan posisi Toni. Dua nama tersebut pernah menduduki posisi strategis di Surabaya dan Jawa Timur. Mereka adalah Irjen Pol Imam Sugianto dan Irjen Pol Syahar Diantono.

Menariknya penunjukan Kapolda Jatim ini harus benar-benar tepat karena Provinsi Jatim merupakan salah satu barometer keamanan nasional di tahun politik tentunya dibutuhkan Kapolda berpengalaman. Baik itu dibidang reserse dan intelejen. Juga bisa membuat situasi Jatim aman dan kondusif.

Berikut Biodata Irjen Pol Imam Sugianto:

Lahir         :11 Maret 1967 (umur 56)

Malang      :Jawa Timur

Almamater :Akademi Kepolisian (1990)

Dinas/cabang : Kepolisian Daerah Kalimantan Timur

Masa dinas :1990—sekarang

Pangkat : Inspektur Jenderal Polisi

NRP :67030504

Satuan :Intel

 

Riwayat Jabatan

Kasat Intelkam Polwiltabes Surabaya

Kapolresta Surabaya Timur

Kapolres Gresik (2008)

Sespri Kapolri

Kapolres Metro Bekasi Kota (2009)

Kapolres Metro Jakarta Selatan (2011)

Ajudan Presiden RI (2012)

Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (2014)

Karobinops Sops Polri (2015)

Wakapolda Kalimantan Barat[2] (2019)

Asisten Operasi Kapolri (2020)

Kapolda Kalimantan Timur (2021)

Mutasi Dankorbrimob

Dalam TR yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi Irjen Imam Widodo, yang akan menjabat Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri.

Wadankorbrimob Polri ini menggantikan Komjen Anang Revandoko, yang memasuki masa pensiun. Di waktu bersamaan, posisi Kapolda Kaltim yang ditinggalkan Irjen Imam Sugianto diisi Irjen Nanang Avianto. (*)