Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Dikira Cupu Ternyata Suhu, Dua Polisi Ini Juga Curanmob Innova Reborn

676
×

Dikira Cupu Ternyata Suhu, Dua Polisi Ini Juga Curanmob Innova Reborn

Share this article
BARANG BUKTI : Toyota Innova Reborn milik Mardiyanto diamankan dari tangan dua polisi Polda Lampung. (Foto Radar TV)

RADARTV : Dikira cupu, ternyata suhu. Istilah ini tepat menggambarkan kelakukan Bripda FWS dan Bripda CDS. Dua polisi tak hanya terlibat pencurian Honda Brio merah BE1682 GG milik Rizal, yang raib di parkiran Mall Boemi Kedaton, Bandarlampung, pada Ahad 20 agustus 2023.

Dari hasil pemeriksaan mendalam, dua anggota Polda Lampung ini akhirnya mengaku telah melakukan pencurian atas mobil Toyota Innova Reborn plat nomor polisi A 1347 YA, milik Mardiyanto. Pencurian Innova dilakukan Selasa 10 Oktober 2023 atau dua hari sebelum kedua polisi ini diamankan pada Kamis 12 Oktober.

Berarti, Unit Ranmor dan Tim Tekab 308 Polresta Bandarlampung mampu merampungkan PR baru. Mobil milik warga Nunyai, Rajabasa, Kota Bandarlampung ini diamankan di sebuah rumah di Lampung Utara, pada Ahad 15 Oktober. Mobil ini, dibawa Bripda Fajar Wicaksono usai melakukan pencurian.

Bripda FWS memang memiliki spesialisasi sebagai juru petik sekaligus pilot. Kini, Brio merah dan Innova putih sudah diamankan sebagai barang bukti di Polresta Bandarlampung.

Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Ino Harianto kepada wartawan mengatakan, pengungkapan itu bermula dari keterangan diua oknum polisi yang mengaku terlibat dalam dua kasus pencurian mobil. “Iya ini ada keterlibatan dan masih kami lakukan pengembangan,” ungkapnya, Senin, 16 Oktober 2023.

Sebelumnya diberitakan, giliran mobil Toyota Innova Reborn milik warga Jalan Nyunyai Dalam, Gang Mataram, Kelurahan Rajabasa Nyunyai, Kecamatan  Rajabasa, Kota Bandarlampung, raib di gondol komplotan pencuri pada Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 9.00 WIB.

Mardianto, pemilik mobil sudah melaporkan kasus pencurian ini ke Polsek Kedaton. Mobil yang baru dibelinya itu hilang digasak maling saat diparkir di Lapangan Badminton, tepat di depan rumah pemilik mobil tersebut.

Aksi pencurian ini tergolong nekat karena dilakukan di siang hari, di saat mobil di parkir di depan rumah. Peristiwa pencurian diduga dilakukan antara pukul 9.00 – 9.30 WIB. Mardianto kaget saat menuju mobil untuk berangkat kerja, mobil itu sudah tak ada di tempat.

Ketua RT 07, Toni menyampaikan informasinya mobil tersebut belum lama dibeli oleh pemiliknya.  “Mobil hilang di depan rumah tepatnya di Lapangan Badminton depan rumah pemilik mobil tersebut dan diketahui pemilik saat mau berangkat berkerja,” ucap Toni.

Toni dan korban sempat memeriksa salah satu CCTV milik rumah warga yang memperlihatkan mobil keluar gang menuju jalan Nunyai, berjalan beriringan dengan mobil Vios warna hitam. ”Oleh korban langsung dilaporkan ke Polsek Kedaton,” sambungnya.

Kapolsek Kedaton, Kompol Try Maradona, membenarkan hal tersebut. “Benar kami telah menerima laporan kehilangan Innova Reborn. Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Dua Polisi Terlibat Curanmob

Sebelumnya, jajaran Unit Ranmor dan Tim Tekab 308 Polresta Bandarlampung mengamankan dua oknum anggota Polda Lampung karena terlibat pencurian mobil (curanmob) Honda Brio merah dari parkiran Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandarlampung, pada 20 Agustus 2023. Penangkapan dua polisi berpangkat Bribda itu melalui sebuah penyelidikan yang cukup panjang hampir dua bulan.

Bisa jadi, jika melihat cara kerja dan modus, dua polisi ini banyak melakukan pencurian di sejumlah tempat kejadian perkara. Kedua polisi ini terancam pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan dan juga dijerat pasal pencurian dengan pemberatan. (*)