Friday, June 18, 2021

Harga Melonjak, Warga Kreatif Buat Hand Sanitizer

Most Read

radartvnews.com – Mencegah penyebaran virus corona warga bekerja sama dengan pemerintah desa di pasuruan kecamatan penengahan Lampung Selatan Lampung membuat hand sanitizer dari tanaman tradisional yang ada di lingkungan mereka. Langkah ini di lakukan karena saat ini sabun anti septik ini sudah mulai langka di pasaran.

Untuk membuat hand sanitizer sendiri  bahan – bahan yang di perlukan di antaranya alkohol 96%  daun lidah buaya dan pewangi pakaian. Selanjutnya daun lidah buaya di cuci bersih lalu di kupas dan di ambil gel nya, setelah itu gel lidah buaya di potong kecil – kecil dan di haluskan dengan menggunakan blender.

Setelah gel lidah buaya halus lalu di tuang kedalam sebuah wadah  untuk selanjutnya di campur dengan alkohol lalu di aduk sampai merata,  dan selanjutnya di tambahkan pewangi pakaian. Daun lidah buaya di pilih lantaran selain untuk menurunkan konsentrasi alkohol hingga 20% dan lidah buaya juga berfungsi sebagai pengikat virus.

Untuk membuat hand sanitizer yang asli bahan – bahan yang di gunakan adalah gliseril 98% hidrogen proteksit 3% dan alkohol 96%,  namun selain harga bahan bakunya lumayan mahal bagi yang tinggal di daerah pedesaan bahan – bahan ini sangat sulit untuk di dapatkan.

Sumali Kepala Desa mengatakan “dengan tanaman tradisional warga pasuruan bisa membuat hand sanitizer yang murah dan dapat di rasakan oleh seluruh warga desa yang ada di desa ini”.

Tidak hanya di bagikan kepada seluruh warga desa, hand sanitizer juga di tempatkan di ruang pelayanan dan tempat umum yang ada di desa mereka. (ma’i/rie)

berita menarik lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Dokumen Adminduk Kirim ke Rumah, Terobosan Jempol Menunggu Bukti

Radartvnews.com –  Guna meningkatkan pelayanan dan menekan percaloan dalam pembuatan administrasi  kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran kembali melakukan terobosan. Teranyar, Disdukcapil Pesawaran...

berita terkait lainnya