Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan KriminalLampung Timur

Miris, Gajah Mati Ditembak Lima Kali

10
×

Miris, Gajah Mati Ditembak Lima Kali

Share this article
Petugas Melakukan Pemeriksaan di Lokasi Tewasnya Gajah

radartvnews.com- Keberadaan kawanan gajah liar dikawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur kian terancam. Untuk ke sembilan kalinya sejak tahun 2009 gajah dikawasan hutan kawasan ini ditemukan tewas.

Senin petang petugas kawasan TNWK menemukan seekor gajah betina tewas mengenaskan dngan tiga peluru kaliber 5,56 mm bersarang di kepala dan dua peluru bersarang di tubuh.

Tidak hanya itu saat ditemukan oleh petugas dari balai TNWK Lampung Timur tepatnya di sapolo kawasan resort III kuala penet  itu, jaling atau gading serta gigi gajah yang diperkirakan berusia 20 tahun  ikut lenyap.

Menurut kepala Balai TNWK Subakir kematian gajah itu diduga ditembak pemburu yang hendak mengambil organ tubuh gajah, bahkan pembunuhan gajah masuk kategori kejam.

“gajah tewas dengan lima luka tembak, kemungkinan ini dari pemburu, ini termasuk erburuan yang kejam,”  ujar Subakir.

Sementara  Kapolres Lampung Timur Akbp Yudi Chandra secara tegas memerintahkan  kepada jajaranya untuk segera menidaklajuti dan menangkap pelaku. beberapa petugas taman nasional sudah dimintai keterangan.

“saya sudah perintahkan anggota untuk menangkap pelaku, kita juga sudah periksa saksi termasuk petugas balai,” kata Yudi.

Meski sudah sembilan ekor gajah ditemukan tewas sejak 2009 petugas kepolisian dan petugas balai  kesulitan untuk menangkap pelaku.(sam/san)