Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

TPA Cemari Sumur Warga

13
×

TPA Cemari Sumur Warga

Share this article
Warga yang berada di dekat lokasi TPA mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari TPA bakung

Radartvnews.com- Kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di kawasan sekitar pemukiman penduduk di kelurahan keteguhan, kecamatan Teluk Betungtimur, Bandar Lampung semakin memprihatinkan.

Warga yang berada di dekat lokasi TPA mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari TPA bakung. Warga juga mengeluhkan kualitas air sumur yang tercemar, karena kotor dan keruh yang berdampak tidak bisa dipergunakan untuk kebutuhan air bersih.

Suratmi menjelaskan, tercemarnya sumur dilokasi pemukiman, diakibatkan rembesan air sampah yang masuk kedalam sumur. Selain itu, aliran kali yang ada di sekitaran pemukiman warga juga tidak bisa dimanfaatkan karena aroma bau busuk serta kondisi air berwarna.

“Rembesan air dari TPA masuk ke sumur jadi bau, sementara air sekitar tidak bisa digunakan karena bau,” jelas Suratmi.

Meski pemerintah sudah menyediakan sumur bor, namun tidak mencukupi jumlah kebutuhan warga yang tinggal dipemukiman padat penduduk ini. Akibatya warga harus merogoh kocek untuk membeli air bersih untuk kebutuhan rumah tangga hingga MCK.

Warga mengaharapkan pemerintah untuk segera menyelesaikan pencemaran lingkungan di lokasi tempat pembuangan akhir.(sah/san)