Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Terima Gelar Raja Memerintah Mangkunegara, Yusuf Kohar Jadi Keluarga Besar Kerajaan Skala Bghak

4
×

Terima Gelar Raja Memerintah Mangkunegara, Yusuf Kohar Jadi Keluarga Besar Kerajaan Skala Bghak

Share this article
Pengangkatan dilakukan Raja Skala Bghak Dari Buay Belunguh Pun Yanwar atau yang bergelar Sultan Junjungan Sakti yang dipertuan ke-27 kepada Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar dengan gelar Raja Memerintah Mangkunegara.

Radartvnews.com- Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung mengelar acara adat Seangkonan Semuaghian di Lamban Gedung Kuning, Sukarame Bandar Lampung, Minggu (29/11).

Pengangkatan sodara ini dilakukan Raja Skala Bghak Dari Buay Belunguh Pun Yanwar atau yang bergelar Sultan Junjungan Sakti yang dipertuan ke-27 kepada Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar dengan gelar Raja Memerintah Mangkunegara.

Selain Yusuf Kohor salah satu tokoh tiong hoa Sunarto Lee pun mendapatkan gelar bangsawannya di Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung.

Perdana Menteri Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Dang Gusti Ike Edwin menjelaskan, acara digelar sebagai pelestarian adat di Provinsi Lampung yang mulai bergeser. Penyematan gelar untuk Yusuf Kohar menandakan bahwa Wakil Walikota Bandarlampung itu telah sah menjadi bagian dari keluarga besar Kerajaan Skala Bghak Lampung.

“Sebagai pelestarian adat di Provinsi Lampung, Yusuf Kohar telah sah menjadi bagian dari keluarga besar Kerajaan Skala Bghak Lampung,” jelas Ike Edwin.

Sementara Yusuf Kohar berterima kasih karena telah diangkat sebagai saudara dalam Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung.

Diharapkan adat istiadat ini akan menjadi bagian dari kehidupan sehingga nantinya tidak akan hilang oleh zaman.(rmd/san)