Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

13 April 2021, Marhaban Ya Ramadan

1
×

13 April 2021, Marhaban Ya Ramadan

Share this article
Observatorium Astronomi Itera Lampung amati hilal 1442 H.

Radartvnews.com– Setelah melakukan sidang isbat, Senin (12/4) Kementrian Agama Republik Indonesia mentapkan 1 ramadan 1442 hijriyah jatuh pada Selasa 13 April 2021.

Dalam jumpa pers, Menteri Agama Yakut Cholil Qoumas mengatakan sudah ada 13 orang melihat hilal ramadan terlihat di Indonesia. Menteria agama memastikan umat muslim dapat melakukan salat tarawih.

Sementara itupantauan DUPT Observatorium Astronomi Itera Lampung hingga pukul 18.20 wib hilal belum tampak karena tertutup oleh awan.

Lemran Horizon Kabid Urais Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung menjelaskan, di Lampung ada beberapa titik tempat pengamatan hilal diantaranya Lampung Barat, pantai krui, bukit gelumpai kalianda.  Selama ini hanya satu titik yang dapat terlihat yaitu di lemong Lampung Barat.

Tak terlhatnya hilal di Lampung salah satunya akibat faktor cuaca. Persentase iluminasi berkisar 0.15 derajat sehingga tidak terlihat seharusnya titik horizon barat tepat di 0 derajat sehingga bila melihat ke arah barat 3 derajat sudah terlihat.(ang/san)