Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Bunda Literasi 15 Kabupaten Kota Dikukuhkan

0
×

Bunda Literasi 15 Kabupaten Kota Dikukuhkan

Share this article

Radartvnews.com –  Bunda Literasi 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung Selasa ( 15/6) pagi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan di Ball Room 7 hotel dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia , Syarif Bando, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto yang mewakili Gubernur Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, Bunda Literasi Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ratna Dewi dan para penggiat literasi di Provinsi Lampung.

Dalam pengukuhan  Bunda Literasi 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dilakukan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando. Dalam sambutannya, syarif mengajak kepada bunda literasi agar segera bekerja dan menggelorakan semangat membaca.

Peran Negara dan penggiat literasi harus memiliki kesamaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Saat ini satu buku di perpustakaan umum ditunggu oleh 90 orang untuk membacanya. Padahal idealnya, satu buku ditunggu oleh tiga orang setiap tahun, dengan kata lain permasalahan ketersediaan buku di perpustakaan umum menjadi hal klasik yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

Bunda Literasi Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengajak Bunda Literasi kabupaten/kota untuk lebih giat lagi memerankan perannya menjadi contoh bagi masyarakat dan anak-anak untuk terus membaca dan menulis.

Sebagai upaya peningkatan budaya gemar membaca dan menulis anak, menurutnya bunda literasi kabupaten/kota bisa menggandeng para penggiat literasi  dan komunitas baca di wilayah masing-masing.

Selain itu, program Bunda Literasi juga diselaraskan dengan program yang ada dalam tim penggerak PKK.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan Bunda Literasi harus menyentuh hingga masyarakat desa. Bunda Literasi juga harus mendorong adanya fasilitas perpustakaan atau pojok baca di tingkat desa.

Pada kesempatan ini turut dilakukan pendandatanganan nota kesepakatan antara Perpusnas RI dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan perguruan tinggi di Provinsi Lampung dan talkshow peningkatan indeks literasi masyarakat.(sah/san)