Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Peringati Hari Puncak HDKD, Kemenkumham Lampung Gelar Rangkaian Kegiatan

9
×

Peringati Hari Puncak HDKD, Kemenkumham Lampung Gelar Rangkaian Kegiatan

Share this article
Pemberian Tumpeng oleh PLT Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso, S.H.,M.Si kepda Kadiv Yankum Nur Ichwan SH.,MH pada Puncak Peringatan HDKD ke 76 Kanwil Kemenkumham Lampung

radartvnews.com-Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Provinsi Lampung secara serentak mengikuti puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 76 Tahun 2021, yang oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 76 Tahun 2021 ini, diawali dengan upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh menteri hukum dan asasi manusia Yasonna H.Laoly sebagai inspektur upacara, serta diikuti seluruh jajaran kanwil kemenkumham dan penjaga pos perbatasan termasuk kanwil kemenkumham Lampung secara virtual di Aula Kanwil Kemenkumham Lampung, Sabtu (30/10).

Ucapara peringatan HDKD ke 76 di kanwil Kemenkumham Lampung dipimpin langsung Iwan Santoso, SH.,M.Si selaku Plt Kakanwil Kemenkumham Lampung, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Nur Ichwan, S.H.,M.H, Kepala Divisi Pemasyarakatan Farid Junaedi, Bc.IP.,S.Sos.,MH, Kepala Divisi Keimigrasian, Is Edy Eko Putranto,S.H.,M.M, Kepala Bidang dan Kepala Upt baik Lapas, Rutan hingga Rupbasan di jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung.

Dalam amanatnya melalui virtual zoom, Menteri Hukum Dan Ham Republik Indonesia Yasonna H. Laoly meminta jajaran kemenkumham di seluruh indonesia untuk meningkatkan kapasitas kompetensi dan pelayanan kepada masyarakat.
Menurut Menteri Yasonna bila tantangan yang dihadapi Kementerian Hukum dan HAM akan semakin berat, untuk itu jajaran kemenkumham dituntut selalu meningkatkan kapasitas, dan kompetensi dengan segala sumber daya yang ada. Berbagai capaian prestasi yang diraih Kementerian Hukum dan HAM diharapkan dapat terus memberikan citra positif di masyarakat.

Guru Besar ilmu kriminologi di perguruan tinggi ilmu kepolisian (PTIK) ini meminta jajaran Kemenkumham jangan cepat berpuas diri, dengan prestasi yang sudah dicapai. Yasonna menyampaikan kemenkumham harus menjadi pionir dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, membuat birokrasi lebih adaptif dalam menghadapi berbagai situasi, cepat, tepat, dan akurat dalam pengambilan keputusan serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pada peringatan HDKD ke 76 tahun 2021 Yasonna juga membacakan naskah penetapan hari lahir Kementerian Hukum dan HAM yang jatuh pada tanggal 19 agustus 1945. Penetapan hari lahir kemenkumham diputuskan setelah dilakukan kajian penelusuran sejarah serta bukti-bukti autentik/ dan wawancara dengan beberapa pakar hukum untuk mengetahui secara pasti kelahiran kementerian hukum dan ham RI.

Upacara peringatan hari dharma karyadhika ke 76 tahun 2021 di Kemenkuham Lampung berlangsung khidmat. Usai upacara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan pemberian penghargaan kepada sejumlah pegawai teladan dan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangka HDKD ke 76.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng secara serentak oleh jajaran Kemenkumham RI termasuk Kanwil Kemenkumham Lampung. Pemotongan tumpeng dilakukan PLT Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso SH., M.Si yang memberikan tumpeng kepada Karupbasan bandar lampung yang memasuki masa pensiun dan pegawai termuda lizbet, serta para kepala divisi.

Plt Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso, SH.,M.Si mengaku bila dalam peringatan HDKD ke 76 kantor wilayah Kemenkumham Lampung menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. “Banyak rangkaian kegiatan dalam rangka HDKD ke 76 ini, mulai dari upacara hari kesaktian pancasila dan doa kemenkumham untuk negeri, lomba film inovasi pelayanan publik dan konten kreatif, kegiatan lokakarya pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. kanwil kemenkumham lampung menggelar seminar nasional yang mengagkat thema peran kementerian hukum dan ham dalam mengakselerasi indonesia sehat dan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta. Lomba cerdas cermat Akuntansi dan barang milik Negara. Kegiatan skill and challenge dalam bidang olahraga menembak, menggelar isport lomba game pubg online. Menggelar kegiatan kumham peduli kumham berbagi, kegiatan sosial yakni empati kumham bagi keluarga ASN yang meninggal dunia karena covid-19. Plt kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso didamping para kabid melakukan silaturahmi sesepuh, menggelar pelayanan publik berupa “legal expo” serta tabur bunga di taman makam pahlawan kedaton bandar lampung” ujarnya.

Iwan juga berharap agar para ASN dan pegawai dilingkungan Kemenkumham lampung terus semangat bekerja dan meningkatkan kemampuan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Provinsi Lampung. (JF)