Scroll untuk membaca artikel
Lampung UtaraPendidikan

Miris, Siswa Belajar Berdinding Geribik Eks Balai Dusun

3
×

Miris, Siswa Belajar Berdinding Geribik Eks Balai Dusun

Share this article
doc. Radar TV Lampung

LAMPUNG UTARA – Beginilah kondisi Sekolah Dasar Negeri Handuyang Ratu, Kecamatan Bungamayang, Lampung Utara, Lampung.

Para murid kelas satu hingga kelas enam, harus berbagi ruang kelas karena sekolah ini hanya memiliki empat ruang kelas bekas kantor balai dusun desa setempat.

Sebagian ruangan berdinding geribik dan mulai rapuh. Tak hanya itu, para siswa harus rela belajar dengan beratapkan terpal, dan tidak ada fasilitas kamar mandi ataupun sumur.

Namun antusias murid untuk mengikuti pembelajaran sangat tinggi. saat hujan, pihak sekolah terpaksa memberhentikan belajar mengajar dan memulangkan anak didiknya.

Para guru saat menunggu giliran mengajar, terpaksa berteduh di bawah pohon karena tidak memiliki ruangan untuk beristirahat. Pihak sekolah mengaku, kondisi inj sudah berlangsung sejak 2012 lalu. Awalnya, mereka menempati gedung yang ada di dusun satu desa setempat.

Namun karena ada persoalan lahan, mereka berinisiatif pindah ke Dusun Tiga tepatnya di Kantor Bekas Balai Dusun. Tahun 2021 sekolah ini mendapat bantuan pembangunan satu ruang kelas baru.

Baik murid maupun pihak sekolah dan aparatur desa berharap, agar pemerintah segera memeperbaiki atau membangun ruang kelas baru. Sekolah ini merupakan satu-satunya SD yang ada di Desa Handuyang Ratu, Jika bersekolah di desa lain, para siswa harus menempuh jarak empat kilometer.