Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Pemisahan Kembar Siam Lampung, 10 Jam Operasi Diklaim Sukses

4
×

Pemisahan Kembar Siam Lampung, 10 Jam Operasi Diklaim Sukses

Share this article
Kondisi pasien sudah stabil dan sudah bergerak.

BANDARLAMPUNG- Operasi pemisahan bayi kembar siam pertama di Rumah Sakit Umum Abdoel Moelok Bandarlampung  (RSUDAM)  dilaksanakan tepat pukul 07:00 WIB, 16 Maret 2023. Operasi yang sebelumnya diperkirakan memakan waktu 12 jam dapat dilakukan dalam waktu 10 jam.

Operasi Dilakukan Tim Dokter RSUdAM dibantu tim dokter dari RSUD dr Sutomo Surabaya. Tim yang diturunkan 70 dokter 11 diantaranya dari RSUD dr Sutomo.

“Pada pemisahan  bayi kembar siam asal  Bungamayang Lampung Utara ini masuk pukul 07:00 Wib dan mulai melakukan pemisahan pada pukul 11:00 Wib dan selesai pulul 17:00 Wib, jelas Ketua tim dokter bedah kembar siam  RSUDAM  Bandalmpung  Billy Rosan.

Dalam pelaksanaan bedah kembar siam beradu dada depan atau xipho-omphalopagus ini  cukup sulit, sebab  organ tubuh liver pada bayi menyatu dan rawan mengalami pendarahan.

“Operasi petama bayi kembar siam Rumah Sakit Abdoel Moelok Bandarlampung ini  berlangsung sukses dan ini merupakan kado bagi  masyarakat dan HUT ke 59 Provinsi Lampung,” imbuh Billy Rosan.

Kondisi kedua pasien terkini dalam kondisi baik dan stabil. Pasca operasi ini yang memerlukan penanganan dan pengamatan serius terhadap kondisi pasien.

Selain melakukan pemantauan intensif akan dilakukan pula proses perawatan pasca operasi serta pendampingan psikologis.

Kepala instalasi anestesi dan intensif terpadu serta manajemen nyeri RSUDAM dr Imam Ghozali mengaku kondisi pasien  sudah stabil dan sudah bergerak. “48 jam ini  merupakan waktu yang krusial  dan  akan dipantau terus selama 24 jam,” ungkap Imam Ghozali.(jps/san)