Scroll untuk membaca artikel
PendidikanWay Kanan

Antusisme Siswa SMA dan SMK Ikuti Bengkel Teater KBPL

22
×

Antusisme Siswa SMA dan SMK Ikuti Bengkel Teater KBPL

Share this article
ANTUSIAS : Desi Ari Pressanti, S.S.,M.Hum., selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung saat membuka kegiatan bengkel sastra di Blambangan Umpu, Way Kanan, (foto Liza)

BLAMBANGANUMPU – Upaya Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) meningkatan literasi bagi generasi muda khususnya siswa SMA dan SMK terus berlanjut.

Sukses menggelar bengkel sastra penulisan cerpen untuk siswa SMA dan SMK di Kota Metro. KBPL bertolak menuju Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan.

Di sana, KBPL mengadakan bengkel sastra bertajuk Bengkel Teater: Penulisan Naskah Teater bagi siswa SMA dan SMK Se-Kabupaten Waykanan.

Sedikitnya 30 siswa, sejak 16—17 Maret 2023, bertempat di aula Hotel Grand Sinar, Blambangan Umpu, dengan seksama menyimak pemaparan dua narasumber kompeten.

Dona Sabantina dan Deri Setiawan dari Kelompok Teater Gauri, Lampung Barat. Dona memberikan materi penulisan naskah teater dan Deri menyampaikan materi tentang perkembangan teater pelajar.

Para narasumber juga akan membimbing peserta hingga terbitnya buku antologi penulisan naskah teater.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Nur Amin, Pengawas SMA dan SMK Wilayah IV, mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Wilayah IV.

”Kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan kembali kecintaan siswa terhadap sastra,” papar Amin.

Dia berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh sehingga nantinya dapat menghasilkan karya berupa naskah teater yang bagus.

Desi Ari Pressanti, S.S.,M.Hum., selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peningkatan literasi bagi generasi muda khususnya siswa SMA dan SMK yang dilaksanakan di Kota Metro, Kabupaten Waykanan, dan Kabupaten Mesuji.

”Setelah kegiatan ini, akan dihasilkan buku antologi penulisan naskah teater siswa SMA dan SMK Se-Kabupaten Waykanan yang akan diterbitkan dalam bentuk buku elektronik,” jelas Desi. (coy)