Scroll untuk membaca artikel
EkonomiKesehatan

Bahan yang Harus Dihindari pada Sabun Cuci Piring Murah Refill

117
×

Bahan yang Harus Dihindari pada Sabun Cuci Piring Murah Refill

Share this article

Untuk berhemat, tidak sedikit orang yang akhirnya mengganti produk yang biasa digunakan dengan jenis sama namun harganya lebih murah. Karena murah, bisa jadi bahan yang terdapat di dalam produk tersebut berbeda, termasuk pada produk sabun cuci piring. Banyak yang membeli sabun cuci piring murah refill dengan pertimbangan harganya yang lebih terjangkau, namun amankah?

Saat ini untuk membeli produk apa saja, bukan hanya pencuci piring, harus ekstra berhati-hati agar mendapatkan barang yang aman dan sesuai dengan standar kesehatan. Tidak sedikit bahan yang terdapat dalam produk yang digunakan sehari-hari mengandung residu berbahaya. Karena itu kehati-hatian dan teliti sebelum membeli sangat diperlukan.

Bahan Berbahaya yang Harus Dihindari dalam Produk Sabun Cuci Piring Murah Refill

Produsen sabun cuci piring, termasuk yang menyediakannya dalam kemasan refill banyak yang menggunakan bahan kimia. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dalam membersihkan kotoran. Namun tanpa disadari, hal tersebut bisa berdampak buruk. Tidak semua zat kimia larut dan bisa hilang dengan air saat proses membilasnya.

Ada beberapa jenis yang tetap menempel dan jika masuk dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Sebagai konsumen yang bijak, Anda harus cermat dan tidak hanya memilih produk karena kemasannya yang menarik atau harganya murah. Keselamatan keluarga dalam jangka panjang sangat penting. Bahan berbahaya yang harus dihindari adalah:

1.  Karsinogen

Beberapa zat yang termasuk dalam jenis karsinogen adalah DEA, MEA dan TEA. Bahan ini biasa terdapat dalam produk rumah tangga yang digunakan untuk membersihkan rumah dan peralatan, seperti sabun cuci pakaian, pencuci piring, deterjen dan pembersih lantai. Kemampuannya dalam membersihkan kotoran tidak diragukan lagi.

Karsinogen dan zat lain sejenis neurotoksin sangat berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata dan hidung. Di hidung, jika terserap ketika bernapas bisa masuk ke dalam paru-paru.

Efeknya bagi tubuh bisa merusak organ pernapasan tersebut, membuat tenggorokan sakit, mengantuk, sakit kepala dan vertigo. Sebelum membeli produk pencuci piring, pastikan di dalamnya tidak terdapat karsinogen.

2.  Pewarna

Anda pasti sering menemukan di supermarket atau toko sabun pencuci piring dengan berbagai warna. Warna tersebut ada yang berasal dari bahan alami, ada juga yang dari bahan kimia. Biasanya pewarna alami lebih aman, namun pemakaiannya harus dibatasi agar tidak mengendap di dalam tubuh. Sedangkan pewarna buatan harus dihindari karena mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Tidak sedikit produsen sabun cuci piring murah refill maupun dalam kemasan regular yang menambahkan pewarna buatan dari bahan benzidin sehingga terlihat lebih menarik Benzidin merupakan zat yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika terlalu sering digunakan. Sedangkan bagi organ tubuh, dampaknya sangat berbahaya.

Bukan itu saja, bahan ini bisa mengendap dan menjadi residu yang mengganggu sistem kerja otak. Dampaknya bisa menyebabkan hiperaktif dan gangguan mood sehingga dalam jangka panjang bisa berpengaruh pada kualitas hidup.

3.  Formaldehida

Pabrik memproduksi sabun pencuci piring dalam skala besar. Tidak semua produk terjual dan digunakan oleh konsumen dalam jangka waktu pendek. Jika melewati batas waktu penggunaan, produk akan rusak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, produsen menambahkan bahan pengawet berupa formaldehida.

Zat tersebut bisa bersifat racun yang merusak organ tubuh. Proses masuknya ke dalam tubuh bukan hanya dari bahan yang tertinggal pada peralatan masak yang dicuci menggunakan sabun tersebut, tetapi juga dengan cara terserap lewat kulit dan terhirup saat bernapas. Akibatnya dapat menyebabkan iritasi dan gangguan kesehatan yang fatal.

4.  Phthalates

Bahan berbahaya lain yang sering terdapat pada sabun cuci piring adalah phthalates. Zat ini bisa menyebabkan gangguan hormon, seperti dalam organ reproduksi, otak dan kekebalan tubuh. Residu zat yang terdapat di dalamnya tidak mudah hilang dan mengendap di dalam tubuh sehingga berbahaya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Banyak produsen yang berhati-hati dalam membuat produknya dan hanya menggunakan bahan yang aman bagi kesehatan. Anda hanya perlu membaca dengan teliti dan memilih merek terpercaya yang sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan pengguna sabun pencuci piring tersebut.

Produsen yang baik akan mencantumkan semua komposisi bahan yang terkandung dalam produknya sehingga konsumen bisa memilih dengan mudah. Ketelitian dalam memilih produk bisa membantu Anda dalam mendapatkan sabun cuci piring yang aman dengan harga terjangkau.

Anda bisa mendapatkan produk tersebut di toko offline maupun online. jika ingin praktis, bisa membeli di marketplace Blibli. Blibli menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga, termasuk sabun cuci piring dalam kemasan regular dan refill atau isi ulang.

Seller Blibli selalu menuliskan deskripsi produknya dengan detail dan jelas sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Blibli juga menyediakan fitur chatting yang akan membantu pelanggan untuk menanyakan semua produk yang akan dibelinya kepada seller.

Anda tidak perlu ragu menggunakan sabun cuci piring murah refill karena banyak produsen yang membuat dan mengemasnya tanpa bahan tambahan berbahaya bagi kesehatan. Dengan harga yang lebih murah, Anda tetap bisa mendapatkan produk berkualitas seperti yang dibutuhkan.