Scroll untuk membaca artikel
Metro

Seleksi FLS2N SMP Kota Metro Penuh Kejanggalan

10
×

Seleksi FLS2N SMP Kota Metro Penuh Kejanggalan

Share this article

"Semua prosedur FL2SN telah sesuai petunjuk pelaksanaan dan teknis dari kementerian," jelas Kepala Disdikbud Metro kepada wartawan di Rumad Dinas Wali Kota Metro, kemarin.

PENGARAHAN : Suasana pengajaran luar ruangan di Kota Metro. (Foto Yoyok)

METRO : Seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Cabang Solo Song tingkat SMP Tahun 2023 dinilai cacat hukum atau maladministrasi.

FLS2N merupakan ajang kompetisi seni yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setiap tahun di Indonesia.

Dari pesan berantai di sejumlah grup whatsapp berisi spekulasi praktik maladministrasi dengan narasi peserta yang keluar sebagai juara merupakan peserta pengganti.

Selain pesan terdapat juga broadcast video yang menyebut kekhawatiran jika juara cabang lomba yang saat ini duduk di kelas 3 SMP diipastikan bulan Juli telah lulus saat FLS2N tingkat provinsi berlangsung.

“FLS2N yang diloloskan adalah siswa kelas 3 SMP yang nanti bulan Juli sudah dinyatakan lulus dan ganti status. Ini bisa bahaya, Metro bisa dicoret kepesertaanya,” jelas Fitri Radiono.

Foto : Fitri Radiono.

Jika hal ini tetap dipertahankan bisa saja kemungkinan Kota Metro yang tidak bisa mengirimkan wakil di ajang FLS2N tingkat Provinsi Lampung.

Sebaliknya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Suwandi membantah bantah pesan berantai di WA yang menyebut terjadi maladministrasi peserta FLS2N tingkat SMP.

Menurutnya ketentuan lomba merujuk pedoman Kemendikbud Ri dengan peserta kelas 7 hingga kelas 9  tingkat SMP.

Foto Kadisdikbud Metro Suwandi.

“Semua prosedur FL2SN telah sesuai petunjuk pelaksanaan dan teknis dari kementerian,” jelasnya kepada wartawan di Rumad Dinas Wali Kota Metro, kemarin.

Pihaknya memastikan peserta yang dikirim sebagai wakil kota metro di tingkat provinsi dapat berasal dari juara setelahnya yakni juara 2 maupun 3 yang masih di kelas 7 atau 8. (yoyok)