Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Ini Kotak Perebah Sapi Hasil Kreatif Warga Sukarame

8
×

Ini Kotak Perebah Sapi Hasil Kreatif Warga Sukarame

Share this article

Panitia penyembelihan hewan kurban Musala Khairul Makmur di lingkungan RT.11, perumahan Indah Sejahtera 2, Sukarame, Bandarlampung menggunakan metode unik untuk menyembelih hewan kurban.

Alat sederhana ini sangat aman, efektif dan efisien dalam proses penyembelihan hewan qurban.

Perangkat praktis untuk merebahkan sapi ini dibuat atas inisiatif panitia idul adha bersama warga Sukarame.  Alat yang terbuat dari besi mirip kandang sapi ini terdiri dari rangkaian-rangkaian besi yang dibentuk menyerupai gerobak dengan panjang 2’5 meter dan lebar 1 meter.

Cara kerja alat ini cukup simpel, sapi yang hendak disembelih dimasukkan ke dalam rangka besi tersebut. Selanjutnya tali pada bagian kepala sapi ditempelkan pada besi di bagian samping begitu juga dengan tubuh dan kedua kaki sapi diikat pada rangka besi di sebelah kiri sapi.

Setelah semua anggota tubuh sapi diikat, barulah rangka besi tersebut direbahkan bersama dengan tubuh sapi yang sudah diikat.

Setelah disembelih tubuh sapi tinggal dipindahkan ke tempat pengulitan. Alat ini dilengkapi dengan roda di bagian samping. Ketika direbahkan, roda tersebut berada di posisi bawah sehingga bisa digunakan untuk memidahkan sapi ke lokasi yang diinginkan.

“Alat ini aman bagi petugas penyembelihan hewan kurban. Aaat direbahkan sapi yang akan disembelih  tidak berontak karena diperlakukan tidak dengan kasar, seperti yang kita lihat selama ini untuk melumpuhkan seekor sapi yang akan disembelih butuh tenaga ekstra,” kata Anton Sugiyopranoto Ketua RT 11.

Yntuk membuat alat sederhana  ini menghabiskan uang Rp4 juta  yang dibiayai oleh pengurus musala khairul makmur.(*)