Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Cara Atasi Insomnia, Nomor 4 Sebaiknya Dihindari

5
×

Cara Atasi Insomnia, Nomor 4 Sebaiknya Dihindari

Share this article
Foto Ilustrasi Orang Sulit Tidur

SAHABAT Radar TV, siapa yang pernah mengalami insomnia. Setiap kita mungkin pernah mengalaminya. Insomnia adalah gangguan hingga menyebabkan penderitanya kesulitan atau tidak dapat tidur dengan baik walaupun memiliki waktu luang.

Insomnia jelas dapat memengaruhi kesehatan fisik dan suasana hati. Hal ini tentu dapat mengakibatkan kualitas hidup dan rutinitas sehari-hari menjadi tidak optimal.

Beda Insomnia dan Begadang

Insomnia dan begadang, memiliki benang merah yakni sama-sama mengakibatkan kurang istirahat. Namun begadang dan insomnia adalah dua kondisi berbeda.

Begadang merupakan kebiasaan atas dorongan kemauan sendiri dan hanya membuat seseorang memiliki jam tidur tidak teratur. Sedangkan insomnia adalah gangguan tidur hingga menyebabkan seseorang tidak mendapatkan waktu bobok cukup dalam satu hari.

Begadang tidak harus dilakukan setiap hari. Jika demikian bisa membentuk pola tidur lalu menjadi kebiasaan tidur larut.

Berikut ini tips atau cara sederhana namun jitu dalam mengatasi insomnia :

1. Relaksasi Sebelum Tidur

Foto Membaca Alquran (net)

Relaksasi sebelum istirahat dapat memberikan ketenangan dan rasa nyaman. Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berwudhu, solat sunnah, membaca Al Quran, berzikir, mandi air hangat, atau mendengar murotal Al Quran dengan efek dapat menenangkan diri dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Sebelum tidur hindari minum kopi atau teh. (Net)

Kafein dapat merangsang kerja dan aktivitas sistem saraf sehingga meminum kafein sebelum tidur dapat membuat diri kita tetap terjaga sehingga sulit untuk tidur. Kafein selain terdapat dalam kopi juga dapat teh. Menjelang rebahan sebaiknya hindari kopi dan teh.

3. Antisipasi Perubahan Jam Tidur

Foto Jadwal Tidur (Net)

Faktor lain yang dapat mengubah jam tidur seperti tuntutan pekerjaan dapat mengganggu ritme sirkadian yaitu mekanisme tubuh yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulang selama 24 Jam. Sehingga kita perlu mengatur jadwal kegiatan serta waktu tidur yang sama setiap hari agar tidak berubah.

4. Konsumsi Obat Tidur Sesuai Resep

Hindari Konsumsi Obat Tidur (Net)

Meskipun dapat membuat tubuh dapat terlelap tidur, mengonsumsi obat tidur tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan efek samping, hanya sesekali saja dan disarankan sesuai dengan resep dokter. Tips ini sejauh mungkin harus dihindari jika tidak dalam kondisi darurat.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Penerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengatur pola makan, olahraga secara rutin tiap hari selama 30 menit, dan mengurangi stress. Selain itu pola makan juga harus dijaga, hal tersebut sebagai langkah meningkatkan kualitas tidur. (*)