Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Puluhan Peserta Curangi Data Jalur Zonasi PPDB

5
×

Puluhan Peserta Curangi Data Jalur Zonasi PPDB

Share this article

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tak luput dari kecurangan para oknum nakal.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandarlampung mencatat terdapat puluhan calon peserta didik yang melakukan kecurangan data kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Febriana, mengatakan  selama pelaksanaan PPDB tingkat SMA Negeri pihaknya bertugas dalam memverifikasi berkas kependudukan di 17 SMA Negeri dan  ditemukan kecurangan berupa perubaan tanggal data kependudukan.

Tidak hanya itu kepala disdukcapil itu juga menyebutkan kecurangan lebih extrem karena dilakukan oleh oknum di lingkungan Pemerintah Kota Bandarlampung dengan cara memalsukan surat dengan mengatasnamakan pihak Disdukcapil dengan menggunakan kop dan tanda tangan palsu. dugaan ini tengah ditindaklanjuti oleh Disdukcapil.

Kemudian Febriana menyampaikan saat ini beberapa stakeholder terkait telah diberikan user untuk  dapat mengakses data kependudukan sehingga masyarakat setempat dihimbau  untuk tidak bermain main dengan data kependudukan.

“Disdukcapil telah melaporkan kepada Walikota Bandarlampung kemudian  Walikota Bandarlampung telah menugaskan inspektorat untuk menindak lanjuti kasus ini,” ungkap Febriana.(*)