Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Vaksinasi HPV atau Kanker Serviks Baru Dimulai Tahun 2022

4
×

Vaksinasi HPV atau Kanker Serviks Baru Dimulai Tahun 2022

Share this article
WAJIB VAKSIN : Siswi SD kelas 5 dan 6 wajib mengikuti vaksinasi HPV. (Foto Radar TV)

BANDARLAMPUNG : Sebagian orang tua atau khususnya ibu-ibu pasti bertanya-tanya, mengapa baru tahun 2022 ini dilakukan vaksinasi human papiloma virus (HPV).

Padahal saat zaman dahulu (old), saat ibu-ibu masih usia gadis tidak mengenal vaksinasi pencegahan penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Nah, sebenarnya kita sudah mengenal vaksin sejak lama. Sudah puluhan tahun Indonesia akrab dengan vaksin. Sejarah vaksin di Indonesia adalah saat vaksinasi cacar dimulai tahun 1956.

Pemberian vaksin ini diakui sebagai salah satu upaya pencegahan yang cukup efektif dalam upaya memerangi satu wabah penyakit.

Kasus Kanker Serviks Terus Merebak

Khusus kanker serviks (mulut rahim) menempati urutan kedua terbanyak dengan jumlah 36.633 kasus atau 9,2% dari total kasus kanker di Indonesia.

Data dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo Jakarta memperlihatkan bahwa 94 persen pasien kanker serviks meninggal dalam waktu dua tahun.

Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul komplikasi serius. Serviks atau keher rahim merupakan bagian rahim yang terhubung ke vagina.