Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Membanggakan, Siswa SMA Al Kautsar Sumbang Medali Perak Olimpiade Geografi Internasional

15
×

Membanggakan, Siswa SMA Al Kautsar Sumbang Medali Perak Olimpiade Geografi Internasional

Share this article
MEBANGGAKAN - Dimas Dwi rachmat Susilo, siswa SMA Al Kautsar berpose dengan Tim Geografi Indonesia. (Foto Puspennas)

LAGI, siswa SMA Al- Kautsar, Bandarlampung, Provinsi Lampung menorehkan prestasi internasional. Dia adalah Dimas Dwi Rachmat Susilo, tergabung dalam Tim Indonesia berhasil mengamankan empat medali dalam olimpiade geografi internasional atau International Geographic Olympiad (iGeo) 2023.

Tiga siswa peraih medali perak adalah Dimas Dwi Rachmat Susilo dari SMA Al-Kautsar Lampung. Kemudian Fiona Zhang dari SMA Kristen Petro 1 Surabaya dan Fikri Ghifari Hanifah dari SMA Pribadi Bandung. Seorang siswa peraih medali perak adalah Mikhaila Rainissa Nugroho dari SMA Negeri 3 Bogor.

Tema iGeo tahun 2023 yang digelar di Indonesia mengusung tema “Creative City for Inclusive Urban Community”. Tema ini mengajak para peserta untuk menggali potensi geografi dalam menciptakan kota yang inklusif, inovatif, dan berkesinambungan untuk seluruh warganya.

Adapun kompetisi ini dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat mulai 8-14 Agustus 2023. iGeo 2023 diikuti 46 negara, terdiri dari 177 siswa, 89 team leader, 11 observer, 9 task force, 21 tim akademik dan juri, dan 57 Liaison Officer.

Tahapan Kompetisi

Selama tujuh hari pelaksanaan iGeo 2023, para peserta mengikuti beberapa jenis ujian. Mulai dari written response test untuk menguji pengetahuan geografi secara utuh.

Lalu, fieldwork test untuk menguji kemampuan analisis di lapangan, dan multimedia test untuk menguji pengetahuan umum tentang geografi.

Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Taman Hutan Raya Juanda, Bandung.

Selain test, seluruh delegasi juga melakukan ekskursi ke berbagai tujuan wisata yaitu Museum Geologi, Tangkuban Perahu, dan NuArt Sculpture Park.