Scroll untuk membaca artikel
Nasional

AJI Yogyakarta: Kapolda Baru, Apa Kabar Kasus Udin?

16
×

AJI Yogyakarta: Kapolda Baru, Apa Kabar Kasus Udin?

Share this article
PEKERJAAN RUMAH : Kapolda Yogyakarta memiliki PR tuntaskan kasus kekerasan terhadap wartawan. (Foto AJI)

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta menggelar aksi memperingati 27 tahun kasus pembunuhan jurnalis Harian Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin atau Udin.

Dalam aksi ini, AJI dan jaringan masyarakat sipil Yogyakarta mempertanyakan kabar kelanjutan penanganan kasus ini kepada Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang baru, Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Pembunuhan jurnalis Harian Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin memasuki tahun ke-27, tetapi hingga kini pengusutan kasus ini mandek.

“Kapolda Baru, apa kabar kasus Udin? Telah 21 kapolda berganti, tetapi pelaku dan aktor intelektual di balik tewasnya Udin belum terungkap hingga hari ini,” ungkap Januardi Husin, Ketua AJI Yogyakarta, di Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

Menurut Juju—sapaan akrab Januardi, Kapolda DIY harus berani mengungkap kasus pembunuhan Udin karena terlalu lama dibiarkan terlantar. Menurutnya, jika tidak diselesaikan, kasus ini akan menambah catatan “dark number”, kejahatan yang tidak diungkap oleh kepolisian.

“Reformasi kepolisian harus dimulai dengan mengungkap kasus-kasus lama yang mangkrak,” harap Juju.

Juju mengatakan AJI Yogyakarta sudah pernah menanyakan langsung penyelesaian kasus Udin kepada Kapolda Suwondo Nainggolan. Saat itu, Kapolda mengatakan akan kembali menyelidiki kasus Udin jika ada bukti baru.

“Padahal, yang dibutuhkan hanya kemauan dan keseriusan untuk mengungkap tuntas kasus Udin. Saksi-saksi yang diduga terlibat masih bisa diperiksa,” ujar Juju.