Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Siswa Keberatan, Guru Mendukung Metode Essai

13
×

Siswa Keberatan, Guru Mendukung Metode Essai

Share this article

radartvnews.com- Rencana perubahan soal ujian nasional dari pilihan ganda menjadi essai mendapat penolakan dari sejumlah siswa di Lampung. Siswa SMP Negeri 22 Bandar Lampung, Mauli Azahra Putri dan Siti Nurfiah siswa SMK Negeri 1 Bandar Lampung, mengaku jika soal ujian nasional diganti menjadi esai akan sangat memberatkan siswa.

“penggunaan soal esai dinilai tidak efektif karena membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab soal,” ujar Mauli (24/10).

Hal senada juga diungkapkan oleh Siti dirinya selalu kesulitan untuk menjawab soal terutama soal berhitung seperti matematika, fisika dan kimia.

“itukan itungan jadi lama pasti lebih susah, beda dengan soal pilihan,” ujar siti.

Pernyataan siswa berbading terbalik dengan guru dan pengamat pendidikan,  Prof. Bujang Rahman pengamat pendidikan mengatakan, jika Ujian Nasional menggunakan soal essai maka kecil kemungkinan terjadi kecurangan dalam bentuk mencontek selain itu siswa ditekankan untuk berfikir kritis.

Namun demikian soal essai lebih sulit untuk dikoreksi Oleh sebab itu pemerintah juga menyiapkan indikator penilaian yang jelas dan pengoreksi memiliki kompetensi yang jelas.

Sedangkan Guru SMPN 22 Bandarlampung Hasnah mengaku, jika metode soal esai ini benar-benar diberlakukan dalam Ujian Nasional maka akan sangat tepat untuk mengukur kemampuan dan ketuntasan belajar siswa.(liz/sep