Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungWisata Lampung

New Normal, Pariwisata Lampung Berbenah

3
×

New Normal, Pariwisata Lampung Berbenah

Share this article
Foto: Radar TV

Radartvnews.com- Pemerintah resmi menerapkan New Normal sebagai sarana mengatasi terpuruknya ekonomi dampak covid 19. Berbagai sektor yang terdampak mulai menerapkan aturan baru dan membuka kembali tempat-tempat usaha. Salah satunya dalam sektor pariwisata. Setelah tutup lebih dari 3 bulan, sektor pariwisata di Lampung mulai berbenah.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui tim gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19, akan memberikan perhatian khusus untuk antisipasi lonjakan pengunjung pasca dibuka kembali tempat pariwisata dan hiburan. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, dalam hal ini tentunya yang bertanggung jawab adalah dari pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tentunya dari berbagai pihak telah berkoordinasi dengan jajaran Tim Gugus Tugas.

“Tentu saja dalam hal ini, yang bertanggung jawab adalah Dinas Pariwisata dan Ekonoki Kreatif. Dalam hal ini, semuanya juga sudah berkoordinasi, dengan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, untuk menerapkan protokol kesehatan pada tempat-tempat hiburan dan wisata,” kata Reihana, Jumat (5/6/2020).

Pihaknya mewajibkan tempat wisata untuk memenuhi dan menyiapkan seluruh protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

“Tentunya protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah dengan memakai masker, sering cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, tempat pariwisata harus menyediakan alat cuci tangan dibeberapa tempat, dan harus jaga jarak atau physical distancing,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini.

Kemudian untuk pelaksanaan New normal di tempat wisata dan hiburan di Provinsi Lampung ini, jika biasanya dikunjungi 100 orang maka dalam hal ini, tim gugus tigas dan Dinas Kesehatan hanya memberikan maksimal hanya 50 orang yang berkunjung ditempat wisata tersebut.

“Tentunya pengunjung di dalam tempat wisata dan hiburan, maksimal hanya menampung 50 persen dari hari biasanya. Jadi dengan adanya pembatasan pengunjung, didalam tempat wisata dan hiburan, maka secata tidak langsung physical distancing tetap terjaga,” jelas Reihana.

Salah satu tempat wisata di Lampung Taman Wisata Alam Lembah Hijau Bandar Lampung dan 21 taman rekreasi anggota Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Lampung, sepakat kembali buka mulai 6 Juni 2020. Pengunjung tetap mengikuti protokol kesehatan Covid. (tim/san)