Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Cuaca Ekstrem, Lampung Rawan Puting Beliung Sepekan Kedepan

4
×

Cuaca Ekstrem, Lampung Rawan Puting Beliung Sepekan Kedepan

Share this article

Radartvnews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska, atau BMKG stasiun maritim Lampung, memprediksi potensi cuaca ekstrim angin puting beliung, di  wilayah Lampung akan terus berlangsung. Warga diimbau waspda  hingga sepekan kedepan. Puting beliung dipicu perubahan musim dan awan cumulonimbus, yang muncul diwilayah daratan.

Selain karena faktor perubahan musim atau pancaroba, puting beliung disebabkan terjadinya awan cumulonimbus atau awan berpotensi hujan yang ada di wilayah daratan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG stasiun maritim Lampung, memprediksi potensi cuaca ekstrim angin puting beliung, di  wilayah Lampung akan terus berlangsung, hingga satu pekan kedepan.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem. Selain berpotensi angin puting beliung, dimasa perubahan musim, BMKG maritim Lampung mencatat potensi hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi, akan terjadi di wilayah perairan barat hingga 4 meter lebih.

Prakiraan cuaca BMKG stasiun maritim Lampung, Ahmad Raflie menyatakan, penyebab terjadinya angin kencang akibat adanya pergerakan awan cumulonimbus dimasa pancaroba.

Angin puting beliung yang terjadi di kawasan Panjang Rabu malam, dampak pergeseran awan cumulonimbus. Dalam insiden ini 38 rumah dan lapak milik pedagang kaki lima rusak parah. (sah/san)