Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampungcorona lampungKesehatan

Divaksin Moderna, 30 Nakes Puskesmas Alami Kipi

4
×

Divaksin Moderna, 30 Nakes Puskesmas Alami Kipi

Share this article

Radartvnews.com– Pemerintah Kota Bandar Lampung saat ini tengah melakukan vaksinasi tahap tiga untuk para tenaga kesehatan (nakes) dengan menggunakan vaksin jenis moderna. Para nakes yang menjalani vaksin tahap tiga banyak yang mengalami keluhan beberapa efek samping seperti nyeri, pegal-pegal, demam, hingga sakit kepala.

Seperti di Puskesmas Rawat Inap Satelit Bandar Lampung. Kepala Puskesmas Satelit, dr. Tria Yune Eriartasari menerangkan, pihaknya sudah melakukan sekali pelaksanaan vaksin jenis moderna, Jumat (13/8) lalu.

Namun setelah pelaksanaan, para nakes  mengalami efek samping yang disebut dengan kejadian ikutan pasca imunisasi atau (KIPI). 30 nakes mengalami efek samping bervariasi akibat KIPI ringan, misalnya nyeri dibagian suntikan,  pegal di lengan, adanya kipi sedang, seperti demam hingga sakit kepala.

Ketika vaksin tahap 1 dan 2 jenis sinovac tidak ada efeknya, namun jenis vaksin  moderna 90 persen  nakes di puskesmas mengalami  KIPI satu hingga dua hari.

Total di Puskesmas Satelit terdapat 103 nakes, namun belum semuanya disuntik vaksin moderna mengingat efek samping dari vaksin itu sendiri.(sah/san)