Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Adik Eks Bupati Lampura Dituntut 4 Tahun

1
×

Adik Eks Bupati Lampura Dituntut 4 Tahun

Share this article

BANDARLAMPUNG – Akbar Tandaniria Mangkunegara, adik mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dituntut hukuman empat tahun pidana penjara, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Akbar dinilai secara sah dan bersalah, melakukan tindak pidana korupsi.

“Meminta Majelis Hakim, agar menjatuhkan hukuman empat tahun pidana penjara. Terdakwa juga dihukum membayarkan denda Rp200 juta, subsider enam bulan kurungan penjara,” kata JPU KPK Ikhsan Fernandi, saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Rabu (16/3/2022).

Selain itu, terdakwa Akbar juga dituntut untuk membayarkan uang pengganti kerugian negara senilai Rp3,15 miliar, dikurangi uang dibayarkan. Apabila uang pengganti tidak dibayarkan, maka harta bendanya akan disita.

Apabila harta bendanya tidak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara selama 10 bulan. Terdakwa juga diwajibkan untuk membayar biaya perkara senilai Rp10 ribu.

Yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah, untuk memberantas tindak pidana korupsi. Sementara hal-hal yang meringankan, terdakwa tidak pernah dihukum, dan bersikap sopan dalam persidangan.

Terdakwa dinilai melanggar Pasal 12 B, juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Hal ini sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001, tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP. (lds/rie)