Scroll untuk membaca artikel
Lampung UtaraPeristiwa

Enam Kali Susulan, Terakhir 4,3 Magnitudo

3
×

Enam Kali Susulan, Terakhir 4,3 Magnitudo

Share this article
Doc Radar Lampung TV

LAMPUNG UTARA – Selasa malam, 23 Agustus 2022 pukul 21.31.39 WIB wilayah Samudera Hindia, Barat  Bengkulu diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,3. episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,22° LS ; 102,95° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia tepatnya di zona megathrust.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di sebagian besar wilayah Lampung dan Sumatera Selatan.

Dari laman BMKG, hingga pukul 09:41WIB terjadi enam kali gempa susulan. Gempa keenam dengan kekuatan 4,3 magnitudo. Pusat gempa berada di 64 kilometer Kabupaten Kaur, tepatnya berada di titik 5,26 LS dan 103.00 BT dengan kedalaman 43 kilometer.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(sas/san)