Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

KBPL Pungkasi Pendampingan Komunitas Literasi Di Tanggamus

12
×

KBPL Pungkasi Pendampingan Komunitas Literasi Di Tanggamus

Share this article
KOMITMEN : Kantor Bahasa Provinsi Lampung sinergi dengan pemerintah daerah untuk pengembangan kegiatan pendampingan literasi. (Foto Istimewa)

KOTAAGUNG – Kantor Bahasa Provinsi Lampung menutup rangkaian Pendampingan Mutu Komunitas Pergerakan Literasi di Kabupaten Tanggamus, pada 11-12 April 2023.

Sebelumnya, kegiatan serupa dihelat di Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Utara.

Sukisno, M. Kes. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus memberika apresiasi positif atas ditunjuk sebagai salah satu daerah pengembangan komunitas literasi.

”Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Bahasa Provinsi Lampung dan berharap selalu bersinergi untuk perkembangan literasi, khususnya di Kabupaten Tanggamus,” ujar Sukisno.

Kepala KBPL Desi Ari Pressanti mengatakan kegiatan ini adalah lanjutan dari kegiatan pemutakhiran data komunitas literasi yang diselenggarakan tahun 2022. Tim literasi kantor bahasa telah memverifikasi 75 data komunitas dan membaginya dalam tiga kategori yaitu A, B, dan C.

Kegiatan ini melibatkan narasumber dari para pengelola komunitas literasi/komunitas baca berkategori A dan para peserta kegiatan adalah para pengelola komunitas literasi/pengelola rumah baca berkategori B dan C.

Tiga narasumber tersebut adalah Amin Budi Utomo dari TBM Ronna, Kota Metro,  Mardiana Putri (TBM Anyelir, Bandarlampung) dan Suciati (Rumah Baca Umy Uchi)

”Diharapkan setelah kegiatan ini makin banyak komunitas literasi/rumah baca yang berkategori A, yang mana dalam kategori A tersebut komunitas literasi/rumah baca mempunyai program kerja berkesinambungan, mampu berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, mempunyai legalitas yang jelas, dan mampu memberdayakan masyarakat sekitar dengan berbagai kegiatan,” ujar perempuan dari Jogjakarta tersebut. (TIM)