Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Jangan Malu Lapor, 1260 Relawan KDRT Siaga di Kelurahan

7
×

Jangan Malu Lapor, 1260 Relawan KDRT Siaga di Kelurahan

Share this article
Relawan SAPA berada di setiap kelurahan untuk melakukan sosialisasi terkait Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

BANDARLAMPUNG- Pemerintah Kota Bandarlampung mengukuhkan 1.260 Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Walikota Bandarlampung Eva Dwiana di gedung Semergou, Selasa 30 Mei 2023.

Eva Dwiana mengatakan, relawan SAPA akan berada di setiap kelurahan untuk melakukan sosialisasi terkait Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) di Kota Bandarlampung.

“Rata-rata kasus kekerasan dalam rumah tangga terjadi karena faktor ekonomi,  sehingga pihaknya saat ini sedang menggalakan  beberapa program peningkatan perekonomian seperti pelatihan ibu rumah tangga dan modal untuk UMKM,” ujar Eva Dwiana.

Selain itu Eva mengimbau untuk para relawan selalu menerapkan kenyamanan dan mengimbau kepada masyarakat tidak perlu merasa malu dan takut melaporkan jika ada KDRT di rumahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Bandarlampung Maryamah, mengatakan lokasi pertama pembinaan dilakukan si Kelurahan Penengahan serta Kecamatan Kedaton.

“Diharapkan setiap informasi terkait masalah kekerasan perempuan dan anak di setiap sudut Kota Bandarlampung dapat terlapor dan teratasi dengan cepat,” kata Maryamah.

Seluruh kelurahan harus memiliki komitmen guna menjadikan lingkungannya ramah perempuan dan anak diketahui setiap kelurahan terdapat 10 relawan sapa sehingga total seluruh relawan ada 1.260 relawan SAPA.(dis/san)